Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit
Abstract
Abstract:
This study aims to determine the effect of Predict, Observe, Explain (POE) learning models on students' science process skills on electrolyte and non-electrolyte solution materials. The subjects in this study were students of class X at SMA Negeri 89 East Jakarta in the academic year 2013/2014. The research method applied was a quasi-experimental design with nonequivalent control group design. Samples were taken by purposive sampling and divided into 2 groups, namely the experimental group and the control group. The instruments used in this study were essay test instruments and observation sheets. Data analysis techniques were obtained using the "t" test. The results showed that the use of Predict, Observe, Explain (POE) learning models had an influence on students' science process skills in electrolyte and non-electrolyte solution materials.
Keywords: learning model of Predict, Observe, Explain (POE); Science process skills; Electrolyte and Non-electrolytes solution
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 89 Jakarta Timur tahun ajaran 2013/2014. Metode penelitian yang diterapkan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel diambil secara purposive sampling dan dibagi 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes essay dan lembar observasi. Teknik analisis data diperoleh menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) memberikan pengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit.
Kata Kunci: Keterampilan proses sains; Larutan elektrolit dan nonelektrolit; Model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arif Sholahuddin. 2011. Pengembangan Buku Ajar Kimia Kelas X Berbasis Reduksi Didaktik: Uji Kelayakan di SMA Negeri Kota Banjarmasin, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2011, h. 166.
Budiati, Herni, dkk. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Prediction, Observation, and Explanation) Menggunakan Eksperimen Sederhana dan Eksperimen Terkontrol Ditinjau Dari Keterampilan Metakognitif dan Gaya Belajar Terhadap Keterampilan Proses Sains dalam Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi FKIP UNS
Conny Semiawan, dkk.,. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: PT Gramedia.
Emzir. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Cet. Ke – 7.
Hakan ÖZDEMİR dkk,. 2009. “Effect of Laboratory Activities Designed Based on Prediction-Observation-Explanation (POE) Strategy on Pre-Service Science Teachers’ Understanding of Acid Base Subject”, (Turkey: Dokuz Eylul University Institute), h. 173
Kurniawati. 2010. “Pengaruh Model Predict, Observe, Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Laju Reaksi,” Skripsi pada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta. tidak dipublikasikan.
Septi Budi Sartika. 2012. Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen Sebagai Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) terhadap Prestasi Belajar Siswa. Pedagogia Vol. 1, No. 2, Juni 2012, h. 190.
Wina Sanjaya. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Cet Ke-6. Jakarta: Kencana.
Yunita. 2012. Model-Model Pembelajaran Kimia. Bandung: Insan Mandiri.
Zulfiani, Tonih Feronika, dan Kinkin Suartini. 2009. Strategi Pembelajaran Sains. Jakarta: Lembaga penelitian UIN Jakarta.
Zulaeha, dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe, and Explain terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Balaesang dalam Jurnal Pendidikan Fisika Tadaluko (JPFT), Vol. 2 No. 2.
DOI: https://doi.org/10.15408/jf.v20i1.20327 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.