Gaya Hidup Nasabah dan Keputusan Dalam Penggunaan Kartu Kredit
Abstract
The Achievers Life Style and Decision to Use Credit Card
This study discusses the effect of achievers lifestyle on the decision to use credit card to customers of credit card customers of Bank Mandiri branch Pematangsiantar. The goal is to determine the effect of achievers' lifestyle with the decision to use credit cards to customers of Bank Mandiri credit card users. The number of respondents determined as many as 100 respondents. Sampling procedure is done by purposive sampling that is sampling technique based on credit card user who live in Pematangsiantar city. Mutiple linier regressions are used as technique of analysis. The results showed that the achievers lifestyle variables have a significant influence on the decision to use credit cards. From result of regression analysis known that activity and opinion variable have influence stronger than interest to decision using credit card.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alam, V.S.P. (2006). Hubungan Antara Gaya Hidup Achievers dengan Minat Menggunakan Kartu Kredit Pada Pegawai Wanita Sekretariat Daerah Propinsi Jawa Tengah. (Skripsi Tidak Dipublikasikan). Semarang: Universitas Diponegoro.
Jati, W.R. (2015). Less Cash Society: Menakar Mode Konsumerisme Baru Kelas Menengah Indonesia. Jurnal Sosioteknologi. Vol. 14 (2): 102-112.
Juliastuti, A., N. Hasanah, & Faizah. (2016). Kepemilikan Kartu Pembayaran Elektronik Tidak Memoderasi Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Impulse Buying. Mediapsi: Jurnal Psikologi. Vol. 2 (2): 1-7.
Kristianti, D.S. (2014). Kartu Kredit Syariah dan Perilaku Konsumtif Masyarakat. Ahkam. Vol. XIV (2): 287-296.
Lubis, A.H., & I. Lubis. (2012). Analisis Perilaku Masyarakat Muslim Terhadap Penggunaan Kartu Kredit di Kota Medan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan. Vol. 1 (1): 22-35.
Lestari, B.A., B. Suharjo, & I. Muflikhati. (2017). Minat Kepemilikan Kartu Kredit (Studi Kasus Kota Bogor). Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen. Vol. 3 (1): 143-151.
Rahmadiana, W. (2013). Analisis Permintaan Kartu Kredit di BNI Card Center Medan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan. Vol. 1 (10): 1-7.
Ramadani, L. (2016). Pengaruh Penggunaan Kartu Debit dan Uang Elektronik (E-Money) Terhadap Pengeluaran Konsumsi Mahasiswa. JESP. Vol. 8 (1): 1-8.
Razati, G. & R. Ruhimat. (2008). Pengaruh Sales Promotion Terhadap Pengguna Kartu Kredit BNI (Survei pada Dosen FPIPS UPI Pengguna Kartu Kartu Kredit BNI’46. Jurnal Strategic. Vol. 7 (14): 16-30.
Rimenda, T. & R. Listiawati. (2013). Pengaruh Diskon dan Penggunaan Kartu Kredit Terhadap “Compulsive Buying”. Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Perbankan. Vol. 1 (1): 56-60.
Sinatrya, H.A. (2014). Pengaruh Tingkat Pengeluaran Kartu Kredit, Tingkat Pendapatan Pengguna Kartu Kredit dan Suku Bunga Terhadap Tingkat Pembayaran Tagihan Kartu Kredit di DKI Jakarta. Jurnal Ilmiah Universitas Bakrie. Vol. 2 (4): 311-320.
Sulistyawaty, R. (2006). Perilaku Konsumen dalam Penggunaan Kartu Kredit di Wilayah DKI Jakarta. (Skripsi Tidak Dipublikasikan). Jakarta: Universitas Gunadharma.
Sumarto, A. Subroto, & A. Arianto. (2011). Penggunaan Kartu Kredit dan Perilaku Belanja Kompulsif: Dampaknya pada Risiko Gagal Bayar. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 6 (1): 1-7.
Melia & N.W.S. Suprati. (2014). Hubungan Karakteristik Demografi dan Gaya Hidup dengan Perilaku Penukaran Point Reward Kartu Kredit di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. Vol. 3 (11): 3240-3256.
Wahyuni & Pranoto. (2013). Pelayanan dan Orientasi Pelanggan Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening pada Pengguna Kartu Kredit BCA. E-Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol. 1 (1): 1-23.
DOI: https://doi.org/10.15408/ess.v7i2.4987 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Â
View My Stats