STRATEGI FILANTROPI ISLAM BERBASIS MEDIA DIGITAL

Nadya Kharima, Fauziah Muslimah, Aninda Dwi Anjani

Abstract


Abstract. The phenomenon of digital media utilisation is currently in turmoil, in addition to the increasing need due to the coronavirus outbreak (COVID-19) which forces us to always be connected. The use of digital media is a form of adaptation in terms of communication during a pandemic. One of the Islamic philanthropies that uses digital media is the Wisata Panti (Orphanage Tourism) Community. Founded in 2015, this community maximizing the use of various media platforms, starting from the website, Instagram, YouTube and Facebook. With the presence of this orphanage tourism community, it can refer for researchers to see how Islamic philanthropic strategies based on digital media. This research uses a qualitative approach, with a descriptive case study strategy. This study aims at understanding comprehensively and deeply how the digital media-based Islamic philanthropic strategy is carried out by the Wisata Panti community. This research draws several conclusions including; Firstly, in the digital era, social media has become a new platform for promotion in the form of community branding. Secondly, social media can be a new platform for raising funds or online donations that finance social activities in WP. Thirdly, being active on social media is done with a special strategy of good content management. Fourthly, the success of community branding on social media has allowed the WP Community to legally turn into a Foundation. Fifthly, some shortcomings are not so significant in terms of the number of followers, likes, and comments. However, from the start, it was not the focus of WP's social media goals, which only wanted to share promotional content for social activities and fundraising.

 

Abstrak. Fenomena penggunaan media digital saat ini tengah bergejolak. Di samping karena kebutuhan yang makin tinggi akibat wabah virus corona (COVID-19) yang memaksa kita untuk selalu terhubung, penggunaan media digital sebagai salah satu bentuk adaptasi dalam hal komunikasi di masa pandemi. Salah satu filantropi Islam yang menggunakan media digital adalah Komunitas Wisata Panti (WP). Sebuah komunitas yang berdiri pada tahun 2015 dengan berbagai platform media yang digunakan, mulai dari website, Instagram, YouTube dan Facebook. Dengan kehadiran komunitas wisata panti ini dapat membuat referensi bagi peneliti untuk melihat bagaimana strategi filantropi islam berbasis media digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan strategi studi kasus secara deskriptif. Hal tersebut dikarenakan penelitian ini memiliki tujuan untuk menjawab pertanyaan rumusan masalah secara komprehensif dan mendalam mengenai bagaimana strategi filantropi Islam berbasis media digital yang dilakukan komunitas Wisata Panti. Selanjutnya, berdasarkan latar belakang dan metode tersebut, hasil penelitian ini adalah; pertama, di era digital media sosial menjadi sebuah wadah baru untuk melakukan promosi berupa community branding. Kedua, media sosial bisa menjadi wadah baru untuk galang dana atau donasi online yang membiayai kegiatan sosial di WP. Ketiga, aktif di media sosial tersebut dilakukan dengan strategi khusus manajemen konten yang baik. Keempat, kesuksesan community branding di media sosial membuat komunitas WP bisa beralih menjadi Yayasan secara legal. Kelima, ada kekurangan yang memang dari segi jumlah followers, like, dan komen tidak begitu signifikan pertambahannya. Berdasarkan hasil wawancara, fokus tujuan media sosial WP adalah untuk membagikan konten promosi kegiatan sosial dan galang dana.


Keywords


strategi; filantropi; media digital; wisata panti; strategy, philanthropy; digital media; orphanage tourism;

References


Abdul, G. (2020). Approach of Philanthropy Dakwah in Building Community Well-Being. Journal Of Zakat & Social Finance (AZJAF). AZKA International.

Amar, F. (2017). Implementasi Filantropi Islam di Indonesia. Al-Urban (1). https://dx.doi.org/10.22236/alurban_vol1/is1pp1-14

Chaniago, S. A. (2014). Perumusan Manajemen Strategi Pemberdayaan Zakat. Jurnal Hukum Islam (JHI) 12(1). Retrieved from http://e-journal.stain-pekalongan.ac.id/index.php/jhi

Damayanti, P. A., & Septiarini, D. F. (2019). Implementasi Manajemen Dana Filantropi Wisata Religi Makam Gus Dur (Studi Kasus: Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng). Jurnal Ekonomi Syariah: Teori dan Terapan. Retrieved from http://dx.doi.org/10.20473/vol6iss20199pp1804-1813

Efendi, M. (2021). Pengelolaan Filantropi Islam Di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Manajemen Zakat dan Wakaf 2(1).

Efendi, M., & Arifin, F. (2019). Islamic Philantrophy Development in Digital Era: New Strategy of Fund Raising and Supervision Program. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam 7(1).

Faruq, M. A., & Usman, I. (2014). Penyusunan Strategi Bisnis dan Strategi Operasi Usaha Kecil dan Menengah pada Perusahaan Konveksi Scissors di Surabaya. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management 7(3). http://dx.doi.org/10.20473/jmtt.v7i3.2710

Fauzia, A., & Dkk. (2006). Filantropi Islam dan Keadilan Sosial (I. Abubakar & C. S. Bamualim (eds.). CSRC UIN Jakarta.

Herdiansyah, H. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. Depok: Salemba Humanika.

Junidar, U. (2020). Strategi Pemasaran Digital Lembaga Filantropi Islam (Studi terhadap PKPU dan Rumah Zakat di Indonesia). Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam 2(2). https://doi.org/10.22373/tadabbur.v2i2.14

Kasdi, A. (2016). Filantropi Islam Untuk Pemberdayaan Ekonomi Umat (Model Pemberdayaan ZISWAF di BMT Se-Kabupaten Demak). IQTISHADIA Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis Islam 9(2). http://dx.doi.org/10.21043/iqtishadia.v9i2.1729

Khotimah, U. K. (2020). Filantropi Zakat: Solusi Stabilitas Ekonomi Syariah di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal al-Mizan: Jurnal Hukum dan Ekonomi Islam 4(2). https://doi.org/10.33511/almizan.v4n2.35-57

Linarwati, M., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2016). Studi Deskriptif Pelatihan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia serta Penggunaan Metode Behavioral Event Interview dalam Merekrut Karyawan Baru di Bank Mega Cabang Kudus. Journal of Management 2(2).

Mardiah, S. (2018). Manajemen Strategi Baznas dalam Pengelolaan Dana Filantropi Islam. Jurnal I-Finance 4(1)..

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail Edisi 6 Buku 1. Depok: Salemba Humanika.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Natashi. (2017). Wisata Panti: Gelar Aksi Sosial Sambil JalanJalan Bersama Anak-Anak Panti Asuhan.

Puntoadi, D. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. Jakarta: Elex Komputindo.

Rahmawati, Y. (2019). E-filantropi: Studi Media Pergeseran Altruisme Islam Tradisional Menuju Filantropi Online Integratif. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 13(2), 167–186.

Rizal, F., & Mukaromah, H. (2013). Filantropi Islam Solusi Atas Masalah Kemiskinan Akibat Pandemi Covid-19. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. 13–14.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/empati.v10i1.20574

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Nadya Kharima

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.