Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Budaya Literasi: Studi Kasus Implementasi GALAKSI di Sekolah

Akbar Akbar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kepala sekolah dalam meningkatkan budaya literasi di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus di SMP Islam Dian Didaktika. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, dengan validasi menggunakan triangulasi data. Wawancara dilakukan terhadap kepala sekolah, lima guru, dan sepuluh siswa yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi GALAKSI (Gali minat dan potensi, Ajak membaca, Laporkan jurnal baca, Ambil buah literasi, Kembangkan jadi karya, Sebarkan untuk semua, dan Inspirasi bersama) yang diterapkan kepala sekolah memberikan dampak positif terhadap budaya literasi sekolah. Dampaknya meliputi peningkatan jumlah buku yang dibaca per siswa sebesar 40% dan peningkatan keterlibatan siswa dalam kegiatan literasi. Studi ini berkontribusi pada pengembangan strategi literasi berbasis sekolah dan memberikan rekomendasi untuk penguatan peran kepala sekolah dalam meningkatkan literasi di sekolah lain.


Keywords


Kepala sekolah, Pandemi, Pembelajaran, Strategi GALAKSI

References


Alperi, M., Riyanto, R., Sapri, J., Alexon, A., & Handayani, D. (2021). Analysis of the Implementation of Distance Learning in the COVID-19 Pandemic New Normal Era. International Journal of Asian Education, 2(2), 120–128. https://doi.org/10.46966/ijae.v2i2.172

Elpina, D., Marzam, R., Rusdinal, R., & Gustituati, N. (2021). Analysis of Education Management Policies in the Standard Field of Facilities and Infrastructure in Indonesian Elementary Schools. European Journal of Education Studies, 8(6), 156–165. https://doi.org/10.46827/ejes.v8i6.3812

Fathurrochman, I., Anggraeni, R., Sathish Kumar, K., Pendidikan Islam, M., & Curup, I. (2021). Pengadaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Menunjang Mutu Pembelajaran Di Sdn Lubuk Tua Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, XIII(1), 2549–4171.

Hasna, I. F., Wardani, I. S., Irianto, A., Pgri, U., & Buana, A. (2021). Peran Serta Kendala Orangtua dalam Proses Pendampingan Belajar di Rumah Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 51–58.

Kusumaningrum, D., & Salafi, G. (2022). Analisis Berbagai Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Adopsi Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19. Journal On Teacher Education (JOTE), 4(2), 470–475. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/8216/6497

Magdalena, I., Sipayung, K. N. S., Sari, P. I., & Milawati, S. S. (2022). Upaya Identifikasi dan Mengembangkan Minat Bakat Peserta Didik Saat Pandemi di SD Islam Al Fattaah. ANWARUL, 2(1), 171–179. https://doi.org/10.58578/anwarul.v2i1.230

Natsir, N. F., Aisyah, A., & Ihsan, M. N. (2018). Mutu Pendidikan: Kerjasama Guru dan Orang Tua 8(2), 311–327.

Noviansyah, W., & Mujiono, C. (2021). Analisis Kesiapan dan Hambatan Siswa SMK dalam Menghadapi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 82–88. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.522

Novita sari tanuwijaya, witarsa tambunan. (2021). Alternatif solusi model pembelajaran untuk mengatasi resiko penurunan capaian belajar dalam pembelajaran tatap muka terbatas di masa pandemic covid 19 ( studi kasus analisis kebijakan pendidikan). Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 82–88. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/3272/2008

Nugraha, teguh iman. (2021). Menurunnya Kualitas Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. https://kegiatan.pkimuin-suka.ac.id/single/pengaruh-kpop-terhadap-kesehatan-mental-remaja2021-11-0207-56-03

Punaji, S. (2014). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20–30.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3089—3100.

Salsabila, A. (2021). Kualitas Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Pandangan Guru Sekolah Dasar). 1–8.

Sumaryo, I., & Soedjarwo, S. (2021). Strategi Pembelajaran Daring Yang Efektif Di Pendidikan Formal Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(3), 719—733.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740




DOI: 10.15408/em.v1i2.36317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.