Perencanaan Kurikulum Madrasah Tsanawiyah Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pasca Pandemi Covid-19

Nelli Murodah, Efa Alfiani

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis perencanaan kurikulum di MTs Ma’arif Karanganyar pada masa adaptasi kebiasaan baru pasca pandemi covid-19. Data dikumpulkan dengan interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Hubermen. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat perencanaan kurikulum yang dilakukan oleh MTs Ma’arif Karanganyar pada masa adaptasi kebiasaan baru pasca pandemi covid-19. Perencanaan tersebut dilakukan secara eksternal dan internal. Secara eksternal, yakni diadakannya kegiatan in house training yang menghadirkan ketua yayasan, dan komite madrasah. Dalam kegiatan tersebut membahas perencanaan dan sosialisasi kurikulum, khususnya terkait dengan perangkat pembelajaran. Sedangkan secara internal, yakni adanya kegiatan rapat yang dihadiri oleh tim inti dari madrasah. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menentukan kebijakan madrasah, serta membahas hal-hal yang berkaitan dengan perencanaan kurikulum diantaranya: a) Penyusunan kalender akademik, b) Stuktur kurikulum, c) Penyusunan perangkat pembelajaran, d) Menganalisa kebutuhan guru dalam pembelajaran, dan penyesuaian silabus dengan kurikulum yang digunakan, serta e) Target yang akan dicapai. Setelah rapat internal dilakukan, kemudian diadakan rapat pembagian jam pelajaran dengan seluruh guru yang mengajar di madrasah.

References


Agustino, Muhammad Rizqi. dkk,. “Adaptasi dan Kebiasaan Baru Human Resource Departmen di Masa Pandemik Covid-19”. Jurnal. BIEJ: Business Innovation & Entrepreneurship Journal. Volume 2. No. 3. e-ISSN: 2684-8945. Diunduh 2 Maret 2022.

Fathoni, Anwar. Waka Bidang Kurikulum MTs Ma’arif Karanganyar. Wawancara Pribadi. Pekalongan. 26 November 2021.

Hamalik, Oemar. 2009. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hasanudin. Kepala MTs Ma’arif Karanganyar. Wawancara Pribadi. Pekalongan. 2 Desember 2021.

Husaini, Usman. 2003. Metodoligi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, J. Lexy. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Murodah, Nelli. Oktober 2021. “Pembelajaran Jarak Jauh di Madrasah Ibtidaiyah: Kajian atas Persepsi Guru dan Siswa sebagai Pelaksana Kebijakan Pemerintah”. Jurnal, Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan. Volume 13. Nomor 2. ISSN 1979-2549 (p), 2461-0461 (e), https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/Al-Riwayah. Diunduh 14 November 2021.

Rohman, Saifur. Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam MTs Ma’arif Karanganyar. Wawancara Pribadi. Pekalongan. 29 November 2021.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/em.v1i1.32278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.