Hubungan Beasiswa dengan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 189 Jakarta

Muhamad Ikhsan Raihan, Siti Nurhasanah, Lolytasari Lolytasari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan hubungan antara beasiswa dan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 189 Jakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional, dengan analisis regresi linear sederhana dalam menjawab hipotesis. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi, di mana pengambilan sampelnya menggunakan perhitungan Slovin yang didistribusikan kepada 233 penerima beasiswa. Bentuk kuesioner menggunakan skor skala Likert dengan 5 jawaban alternatif, sedangkan studi dokumentasi hanya sebagai teknik pelengkap dalam pengumpulan data. Berdasarkan hasil pengolahan dan perhitungan data dengan uji statistik SPSS Ver.21, dihasilkan uji parsial dengan nilai signifikansi 0,000. Ini menyatakan bahwa nilai sig. 0,000 < nilai alpha atau 0,05. Selain itu, hasil uji parsial (uji F) menghasilkan f hitung sebesar 128,251 > f table yaitu 5,090. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang menjelaskan hubungan antara beasiswa dan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 189 Jakarta. Hasil perhitungan koefisien determinasi menghasilkan nilai korelasi sebesar 0,597 dan r kuadrat sebesar 0,357 yang menunjukkan bahwa variabel beasiswa menjelaskan variabel motivasi belajar siswa sebesar 35,7%, sementara sisanya sebesar 64,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan antara beasiswa dan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 189 Jakarta

References


Dalyono. (1997). Interaksi Belajar Mengajar. Departemen Pendidikan Nasional

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. (2018). Pedoman Umum Beasiswa Dan Bantuan Biaya Pendidikan Prestasi Akademik (PPA).

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Ihsan, Fuad. (2010). Dasar-Dasar Pendidikan. Rineka Cipta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2022).

Noverina, Anjelita. (2017). 45 Negara Pemberi Beasiswa. Grasindo.

Nurhasanah, Siti. (2019). Statistika Pendidikan: Teori, Aplikasi, Dan Kasus. Salemba Humanika.

Ramadhon Raka, Jaenudin Riswan, and Fatimah Siti. (2017). ‘Pengaruh Beasiswa Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya’, Jurnal Profit, 4.2. 203–12

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Raja Grafindo Persada.

Suardi, Moh.. (2015). Belajar & Pembelajaran. Deepublish

Sutirna. (2013). Perkembangan Dan Pertumbuhan Peserta Didik. Andi Offset.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/em.v1i1.32276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.