Evaluasi Program Excellent Class di Pondok Pesantren Daar El Qolam 2 Pasir Gintung Jayanti Kabupaten Tangerang

Hasyim Asy'ari, Lulu Fatihatul Uyun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan capaian program excellent class. Penelitian ini menggunakan model CIPPO, yaitu Context, Input, Process, Product, Outcome sebagai alat melakukan evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif. Sumber data diperoleh dari pimpinan pondok, Kepala SMA, Bagian Tata Usaha, Bagian Pengasuhan, guru, santri, wali santri, alumni dan masyarakat. Teknik pengumpulan data pada proses evaluasi yaitu wawancara, observasi, studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa program excellent class di Pondok Pesantren Daar el Qolam 2 Pasir Gintung Jayanti Kabupaten Tangerang dinilai  telah terselenggara dengan baik. Diantaranya pada tahapan konteks (context) rerata ketercapaian terdapat 79% dalam kategori tinggi, pada tahapan masukan (input) terdapat 76,51%% dalam kategori tinggi, pada tahapan proses (process) terdapat 75,49% dalam kategori tinggi, pada tahapan produk (product) terdapat 82,9% dalam kategori tinggi, pada tahapan dampak (outcome) rerata ketercapaian 21,82% dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil evaluasi, program excellent class sudah berjalan dengan baik, namun terdapat beberapa temuan yang dapat direkomendasikan diantaranya, 1) pimpinan pondok untuk mengajukan SK izin operasional penyelenggaraan program excellent class agar legalitas penyelenggaraan program jelas, 2) bagian pengembangan SDM untuk meningkatkan proses perekrutan guru yang lebih ketat dengan syarat memenuhi kualifikasi akademik minimal S1, 3) guru untuk lebih meningkatkan kualitas mengajar dengan menerapkan metode pembelajaran yang aktif dan menyenangkan, 4) bagian sarana prasarana melakukan pendataan secara rinci dan melakukan perawatan sarana prasarana secara berkala


References


Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar, Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Berawal dari dapur tua: Sejarah Pondok pesantren Daar El Qolam, (diakses pada tanggal 13 Januari 2019), http://www.daarelqolam.ac.id/Pages/Sejarah.aspx

Departemen Agama RI, Al Quran dan Terjemahannya Surat Al Mujadalah Ayat 11. Jakarta: PT sygma dan PPPA Daarul Quran.

Fitur dan Keunggulan Program Daar El Qolam 2, (diakses pada tanggal 13 Januari 2019), http://www.daarelqolam.ac.id/darqo2/Pages/Fitur.aspx

Hanun, Farida. Membangun Citra Madrasah Melalui Program Kelas Unggulan di MTSN 2 Bandar Lampung. Jurnal Edukasi, Vol. 14, 2016.

Imansari, N., & Sutadji, E. (2017). A Conceptual Framework Curriculum Evaluation Electrical Engineering Education. International Journal of Evaluation and Research in Education, 6(4), 265-269.

Junaidi, Modul Pengembangan Evaluasi Pembelajaran PAI. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia, 2011.

Purnawirawan, O., Chintya, P. P., & Sholihah, M. (2020, June). The application of cippo evaluation model in evaluating the performance of school for producing entrepreneurs programs in vocational high school. In International Conference on Science and Education and Technology (ISET 2019) (pp. 387-391). Atlantis Press.

Rahmah, Syarifah. Jurnal Itqan, “Mengenal Sekolah Unggulan”, Vol. VII, 2016.

Sudjana, Djuju. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006.

Supriyono, Agus. Penyelenggaraan Kelas Unggulan di SMA Negeri 2 Ngawi, Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2009.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yusuf, A Muri. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/em.v1i1.32246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.