Penguatan Literasi Sains Siswa MI/SD melalui Pengembangan E-Modul dengan Instrumen Asesmen berbasis Higher Order Thingking Skills
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan E-modul Literasi dan Numerasi dengan Instrumen Asesmen Higher Order Thingking Skills untuk Siswa MI/SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan dengan metode Research and Development (R & D). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket untuk mendapatkan informasi terkait kebutuhan di lapangan terhadap e-modul literasi sains. Data kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara dan angket dianalisis menggunakan teknik interactive analysis. Pengembangan E-Modul literasi sains dengan instrumen asesmen berbasis Higher Order Thingking Skills dikembangkan melalui tahapan: (1) Research and Information Collecting, mengkaji kebutuhan di lapangan guru madrasah khususnya guru kelas V (lima). (2) Planning, Perencanaan pengembangan produk dilakukan oleh peneliti dengan membuat kerangka modul, pemilihan media website yang akan digunakan, serta pengembangan asemen HOTS (3) Develop Preliminary Product, pada tahap ini dikembangkan e-modul literasi sains bagian modul meliputi bagian awal, bagian isi, bagian akhir.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asrial, dkk. 2019. Digitalization of Ethno Constructivism Based Module for Elementary School Students. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 25, No.1.
Borg, W.R., Gall, M.D., & Gall. J.P. (2003). Educational research: an introduction. New York: Pearson Education. Inc.
Dewi. 2020. E-Modul Interaktif Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, Vol.3, No.2.
Dermawan. 2020. Pengembangan E-Modul Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Pembuatan Busana Industri. Jurnal Pedagogi Pembelajaran, Vol.3, No.3
Even, C., Balland. 2020. Effect of Learning Module with Website. European Journal of Physics 32(6) September 2020. DOI: 10.1088/0143-0807/37/6/0652.
Holbrook, J. & Rannikmäe, M. (1997). Supplementary teaching materials promoting scientific and technological literacy. Tartu, Estonia: ICASE (International Council of Associations for Science Education)
Hobson, A. (2008). The Surprising Effectiveness of College Scientific Literacy Courses. The Physics Teacher.Vol. 46, October 2008.
Imansari, N., Suryanintinningsih, Ina. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, Vol.2, No.1.
Kharzimi. (2020). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jupendas, Vol.2, No.2.
Milles, M. B. and Hubberman, M. A. (2014). Qualitative Data Analysis. London: Sage Publication.
Mukhlis, Herianingtyas. 2020. Peningkatan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SDN Cililitan 02 melalui Problem Based Learning (PBL) berbasis Contextual Content. Dwija Cendekia, Vol.5, No.1.
OECD (2018). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic and Fi Nancial Literacy., OECD Publishing, p. 25.
Ormancı, Ü., & Çepni, S. (2019). Developing web-assisted science material based on guided inquiry approach: bones. Journal of Inquiry Based Activities, 9(2), 96-108. Retrieved from http://www.ated.info.tr/index.php/ated/issue/view/19.
Paharudin. 2019. Pendekatan Saintifik dalam Implementasi Kurikulum 2013 dan Dampaknya terhadap Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran MAN di Provinsi Lampung. Lampung : Ali Imron
Pangesti, F.T.P. 2018. Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika dengan Soal HOTS. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9): 566-575.
Qoridatulloh.2021. Pengembangan E-Modul Berorientasi HOTS pada Pembelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Muara Pendidikan, Vol.6, No.1
Solihudin. 2018. Pengembangan E-Modul Berbasis Web untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika pada Materi Listrik Statis dan Dinamis. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, Vol. 3, No.2.
Yayang. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Web dengan Menggunakan Aplikasi Moodle pada Mata Kuliah Pengelolaan Perpustakaan. Jurnal Edutech, Vol 18, No.1.
Widiyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wirastiwi. 2020. Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol.12, No.1.
DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v2i1.28353 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006
Indexed By: