Pengaruh Penerapan Blended Learning Berbantuan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya

Salsabila Nurismayanti, Lu'luil Maknun

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian tentang pengaruh penerapan Blended Learning berbantuan Google Classroom terhadap hasil belajar siswa pada materi gaya kelas IV SD Dharma Karya UT. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen semu dengan Nonequivalent control group pre-test and post-test design dengan populasi penelitian sebanyak 113 siswa dan sampel penelitian ini sebanyak 56 siswa dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas diperoleh data berdistribusi normal dan homogen. Adapun hasil uji hipotesis terhadap hasil data posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan uji independent t-test pada α = 0.05 diperoleh nilai sig.(2 tailed) sebesar 0.000 dengan kesimpulan H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan model Blended Learning berbantuan Google Classroom terhadap hasil belajar siswa pada materi gaya.


Keywords


Blended Learning, Google Classroom, Hasil Belajar, Gaya

Full Text:

PDF

References


Aziz, Y M. 2013. “The Effectiveness of Blended Learning, Prior Knowledge to The Understand Concept in Economics”. Education Research Internasional.

Chaeruman, Uwes A. 2019. “Merancang Model Blended Learning Designing Blended Leraning Model. Jurnal Teknodik. Vol. 17. No 4.

Chaterine, Rahel Narda. 2020. “Detik News: Sekolah Diliburkan Cegah Corona, Nadiem Berlakukan Sistem Belajar Online”. Diakses Pada Tanggal 4 Desember 2021. Pukul 11.22. dari https://news.detik.com/berita/d-4943637/sekolah-diliburkan-cegah-corona- nadiem-berlakukan-sistem-belajar-online

Fauzan, Rahman, dan Fitria. 2018. “Digital Distruption In Student Behavioral Learning; Towards Industrial Revolution 4.0”. Jurnal Teknik Informatika Politeknik Hasnur. Vol.4. No.2.

Hidayat, Muh Yusuf dan Ayu Andira. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Berbantu Media Schoology Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA Pangkep”. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 7. No. 2.

Hima, Lina Rihatul. 2017. “Pengaruh Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terhadap Motivasi Siswa Pada Materi Relasi Dan Fungsi”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 2. No. 1.

Hussin , Zaharah, dkk. 2015. “Kajian Model Blended Learning Dalam Jurnal Terpilih : Satu Analisis Kandungan”. Jurnal Kurikulum & Pengajaran Asia Pasifik. Vol 3. No 1.

Kasih, Ayunda Pinita. 2021. “Kompas.com: Sekolah Tatap Muka Juli: Maksimal 2 Jam Sehari Dan Jumlah Murid 25 Persen”. Diakses Pada Tanggal 4 Desember 2021. Pukul 11:43. dari https://www.kompas.com/edu/read/2021/06/08/135739771/sekolah- tatap-muka-juli-maksimal-2-jam-sehari-jumlah-murid-25-persen

Kusni, M. 2010. “Implementasi Sistem Pembelajaran Blended Learning pada Kuliah AE3121 Getaran Mekanik di Program Studi Aeronotika dan Astronotika”. Jurnal Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin (SNTTM) ke-9.

Latif, M. A. (2018). Analisis Tingkat Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Garut (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Mufida, Nur Lailatul, dan Jun Sujanti. 2021. “Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19”. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 9. No. 1.

Nurhadi, Nunung . “Blended Learning dan Aplikasinya di Era New Normal Pandemi Covid-19”. Jurnal Agrieskstensia. Vol. 19. No. 2. 2020.

Salamah, Wiladatus. 2020. “Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Proses Pembelajaran”. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 4. No. 3.

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Utami, Rini. 2019. “Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Penggunaan Google Classroom Pada Mata Kuliah Psikologi Pembelajaran Matematika”. PRISMA: Prosiding Seminas Nasional Matematika.

Wahyudi. 2017. Resource Sharing Blended Project Based Learning (RS-BPBL ©): Sistem Operasi Android, Linux, dan Mac OS. Cet ke-1. Yogyakarta: LeutikaPrio.

Wicaksono, Adhi. 2021. “CNN Indonesia, Nadiem: Semua Sekolah Seharusnya Sudah Tatap Muka Juli 2021”. Diakses Pada Tanggal 4 Desember 2021. Pukul 11:36. dari https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210303172813-20-613319/nadiem- semua-sekolah-seharusnya-sudah-tatap-muka-juli-2021




DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v2i1.27352 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006

 

Indexed By: