Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing dan Picture and Picture terhadap Keterampilan Menulis Siswa

Shandra Puspasari, Dindin Ridwanudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing dan Picture and Picture terhadap Keterampilan Menulis Siswa MI/SD Kelas IV SDN Pesanggrahan 02  materi Mahluk Hidup dan Lingkungannya, Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Two Group Pretest Postest Design. Subjek penelitian ini adalah 48 orang siswa yang terdiri dari 24 orang siswa untuk kelas eksperimen dan 24 siswa untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, tes yang digunakan berupa lembar pengayaan berupa soal essai. Hasil penelitian menunjukkan, nilai rata-rata kelas post test kemampuan berpikir kelas eksperimen yaitu 85,58 dan rata-rata post test kelas  kontrol 75,21. Hasil penelitian berdasarkan hasil post test kemampuan menulis siswa terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Metode Pembelajaran Role Playing dan Picture and Picture terdapat pengaruh pada Keterampilan Menulis Siswa MI/SD Kelas IV SDN Pesanggrahan 02


Keywords


Role Playing, Picture and Picture, Keterampilan Menulis, Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Full Text:

PDF

References


Alimatus Sa‘diah. “Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan dengan Media Gambarn Pada Siswa Kelas I MI Ri’ayatul Athfal Krukut Depok Jawa Barat Tahun Pelajaran 2016/2017” Skripsi S1 Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta : 2017.

Anitah, Sri. Media Pembelajaran. Surakarta: UNS Press, 2008.

Arief S, Sadiman dkk. Media pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka, 2013.

Asrori, Muhammad. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima, 2008.

Aunurrahman. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta. 2019.Dalman, Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers, 2018.

Dani, Vardiansyah. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Ghalia Indonesia. 2004.

Djamarah, Syaiful Bahri & Zain, Aswan. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Rineka Cipta, 2006.

Effendi, Uchjana Onong. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2000.

Fauzi Afifi, “Pengaruh Penerapan Metode Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara

Siswa pada Pembelajaran Terpadu di Kelas IV SD Negeri 2 Sukoharjo Ii Tahun Ajaran 2016/2017”, Skripsi S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Lampung : 2017.

Gaffar, Aden Arif. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Bio Education. Vol 3 No.1, 2018.

Hamdayama, Jumanta. Metode dan Metode Pembelajaran Kreatif. Jakarta: Ghalia Indonesia,

Haryadi dan Zanzami. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud, 1997.

Komalasari, Kokom. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Rafika Aditama, 2010.

Marwan, Moh. Suardi, Strategi pembelajaran. Yogyakarta : Parama Ilmu, 2019.

M. Huda. Metode-metode Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014

Nurudin. Dasar-dasar Penulisan. Malang: UMM Press, 2010.

Nurdin, Syafruddin dan Adriantoni. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafido Persada, 2016.

Rahyubi. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik Deskripsi dan Tinjauan Kritis. Bandung, 2016.

Risky Septyo Aji, “Upaya Meningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Dengan

Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas IV SD Singosaren Banguntapan Bantul Yogyakarta”, Skripsi S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta : 2013.

Rofiudin, Ahmad dan Zuhdi, Darmiyati. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas

Tinggi. Jakarta: Depdikbud, 1996.

Sudirin, Bahasa Indonesia Buku Ajar Mahasiswa. Metro: STAIN, 2015.

Sumiati & Asra. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima, 2009.

Suparno dan Yunus, Mohamad. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka,

Susetyo, Budi. Statistika Untuk Analisis Data Penelitian. Bandung : PT Refika Aditama, 2010.

Syarif, Erlina. dkk. Pembelajaran Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Uno, Hamzah B & Lamatenggo, Nina. Teknologi komunikasi &informasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.




DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v2i1.24393 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006

 

Indexed By:

Logo Google Scholar Logo Garuda Logo Crossref Logo  Base  Logo Dimensions Logo Indonesia Onesearch