Pengaruh Media Audiovisual berbasis Youtube terhadap Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Tematik

Mailatul Azizah, Rohmat Widiyanto

Abstract


Permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu peserta didik belum terlatih dalam penggunaan media audiovisual berbasis YouTube dalam kehidupan sehari-hari yang menyebabkan kemampuan pemahaman konsep pembelajaran tematik rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari penggunaan media audiovisual berbasis YouTube terhadap pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini dilakukan di SDN Pinang 3 pada September – Oktober 2021. Sampel diambil secara non-probability sampling yang terdiri dari kelas II B (kelas eksperimen) dan kelas II A (kelas kontrol). Total sampel pada penelitian ini adalah 64 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Hasil uji hipotesis terhadap hasil data posttest menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5% (

Keywords


Media audiovisual, YouTube, pemahaman konsep, dan pembelajaran tematik

Full Text:

PDF

References


Alimatus Sa‘diah. (2017) “Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan dengan Media Gambarn Pada Siswa Kelas I MI Ri’ayatul Athfal Krukut Depok Jawa Barat Tahun Pelajaran 2016/2017” Skripsi S1 Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Anitah, Sri. (2008). Media Pembelajaran. Surakarta: UNS Press.

Arief S, Sadiman dkk. (2006). Media pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka.

Asrori, Muhammad. (2008). Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Aunurrahman. Belajar dan Pembelajaran. (2019). Bandung : Alfabeta.

Dalman. (2018). Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers.

Dani, Vardiansyah. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Effendi, Uchjana Onong. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2000.

Effendi, Uchjana Onong. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,1998.

Effendi, Uchjana Onong. Dimensi-Dimensi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.

Fauzi Afifi, “Pengaruh Penerapan Metode Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara

Siswa pada Pembelajaran Terpadu di Kelas IV SD Negeri 2 Sukoharjo Ii Tahun Ajaran 2016/2017”, Skripsi S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Lampung : 2017.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2003.

Hamdayama, Jumanta. Metode dan Metode Pembelajaran Kreatif. Jakarta: Ghalia Indonesia,

Haryadi dan Zanzami. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud, 1997.

Huda, M. Metode-metode Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya, 2011.

Komalasari, Kokom. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Rafika Aditama, 2010.

Marwan, Moh. Suardi, Strategi pembelajaran. Yogyakarta : Parama Ilmu, 2019.

M. Huda. Metode-metode Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014

Mutiah, Diana. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Ngalimun, Konsep Dasar Keterampilan Menulis. Yogyakarta : Parama Ilmu, 2017.

Nurudin. Dasar-dasar Penulisan. Malang: UMM Press, 2010.

Nurdin, Syafruddin dan Adriantoni. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafido Persada, 2016.

Rahyubi. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik Deskripsi dan Tinjauan Kritis. Bandung, 2016.

Setyosari, Punaji. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana, 2012.

Slamet, St Y. Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press, 2007.

Subyantoro, Arief. Metode & teknik Penelitian Sosial. Yogyakarta: Andi, 2007.

Sudin, Ali, Nurhasanah, Ismawati Alidha, Sujana, Atep. "Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Mahluk Hidup Dengan Lingkungannya". Jurnal Pena Ilmiah. Vol. 1, No. 1 2016.

Sudirin, Bahasa Indonesia Buku Ajar Mahasiswa. Metro: STAIN, 2015.

Sumiati & Asra. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima, 2009.

Suparno dan Yunus, Mohamad. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka,

Susetyo, Budi. Statistika Untuk Analisis Data Penelitian. Bandung : PT Refika Aditama, 2010.




DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v2i1.24301 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006

 

Indexed By:

Logo Google Scholar Logo Garuda Logo Crossref Logo  Base  Logo Dimensions Logo Indonesia Onesearch