Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Di Sekolah Dasar

Nabillah Syifauzzuhrah

Abstract


Kepemimpinan kepala sekolah sangat berpengaruh bahkan sangat menentukan terhadap kemajuan sekolah. Untuk meningkatkan mutu pendidikan maka kepala sekolah menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan dan prinsip-prinsip pengelolaan kualitas total yang mendukung peningkatan mutu. Kepemimpinan kepala sekolah dalam mencapai mutu pendidikan yang diharapkan  bukanlah merupakan hasil dan ditentukan oleh karya perseorangan, namun justru merupakan karya dari team work  yang cerdas. Untuk itu, kepala sekolah dituntut memiliki kemampuan manajerial yang baik serta mampu mendorong seluruh bawahan untuk dapat memberdayakan dirinya. Penelitian ini bertujan untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah terhadap kinerja guru dalm meningkatkan mutu pendidikan khususnya di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif serta kajian pustaka. Hasilnya yaitu ada beberapa strategi yang harus dilakukan kepala sekolah terkait dengan      peningkatan mutu yaitu 1) menyusun perencanaan dan pengembangan sekolah dengan merumuskan visi, misi, dan tujuan jangka pendek.                               2) pelaksanaan strategi dengan meningkatkan kedisiplinan 3) meningkatkan hasil ujian di setiap tahunnya 4) senantiasa menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik dengan komite, wali murid, alumni dan lembaga-lembaga pemerintah terdekat 5) evaluasi pelaksanaan program.


Keywords


Strategi Kepala Sekolah, Kualitas Pendidikan, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Andang (2014) Manajemen dan kepemimpinan Kepala Sekolah : konsep, strategi dan inovasi menuju Sekolah efektif/ Andang. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2014.

Bryson, J. M. (2011) Strategis Planning :For public and Nonprofit organizations. Jossey -Bassa Wil.

Budio, S. (2019) ‘Strategi Manajemen Sekolah’, Jurnal Menata, 2(2), p. 64.

Cooper, S. (1949) ‘School-Community Relationships’, Review of Educational Research, 19(4), p. 311. doi: 10.2307/1168346.

Cribbin, J. J. (1981) ‘Leadership : strategies for organizational effectiveness’, Published in 1981 in New York NY) by AMACOM, p. 296.

Danim;, S. (2016) ‘Inovasi pendidikan : dalam upaya peningkatan profesionalisme tenaga kependidikan / Sudarwan Danim’.

Duta, N., Panisoara, G. and Panisoara, I.-O. (2015) ‘The Effective Communication in Teaching. Diagnostic Study Regarding the Academic Learning Motivation to Students’, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 186, pp. 1007–1012. doi: 10.1016/J.SBSPRO.2015.04.064.

Fardila, U. A. (2018) ‘EFFECTIVE COMMUNICATION FOR SPECIAL NEEDS CHILDREN EDUCATORS’, JARES (Journal of Academic Research and Sciences), 3(2), pp. 20–32. doi: 10.35457/JARES.V3I2.491.

Ferchen, M. H. (2012) ‘Teacher (In)Competence: An Analysis and Comparison of the Educational, Legal, and Practical Definitions’.

Giantika_Gan_Gan (2021) ‘Strategi Komunikasi Guru Dalam Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Siswa SDN Tebet Barat 01 Jakarta Selatan Di Masa Pandemi Covid -19’, Repository Universitas Bina Sarana Informatika (RUBSI), 11(2), pp. 143–150. doi: 10.31294/jkom.

Harapan, R. (2017) ‘Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Man 2 Padangsidimpuan’, Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 1(1), pp. 19–28. doi: 10.31604/muaddib.v1i1.108.

Indeks Pembangunan Manusia 2019: Kualitas Hidup Indonesia ke-111 - Dunia Tempo.co (no date). Available at: https://dunia.tempo.co/read/1282268/indeks-pembangunan-manusia-2019-kualitas-hidup-indonesia-ke-111 (Accessed: 6 December 2021).

Irawati, H. (2012) ‘Upaya Meningkatkan Disiplin Guru Dalam Kehadiran Mengajar Dikelas Melalui Penerapan Reward And Punishment Di Smp Negeri 3 Selat Kabupaten Kapuas Tahun 2017’.

Keguruan, J. P. et al. (2021) ‘Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Datang Tepat Waktu di Sekolah Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa SMK’, Jurnal Profesi Keguruan, 7(1), pp. 58–69. doi: 10.15294/JPK.V7I1.23514.

Mirnasulistyawati, Armelia and Afdal (2020) ‘Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran’, Jurnal Mappesona, 2(1), pp. 1–20.

Muliyani, S. E. (2020) ‘STRATEGI KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN ONLINE DI ERA SOSIAL DISTANCING’, TEACHING AND LEARNING JOURNAL OF MANDALIKA (TEACHER) e- ISSN 2721-9666 , 1(1 (APRIL)), pp. 45–48.

Mustari, M. et al. (2014) ‘Manajemen Pendidikan’, RajaGrafika Persada.

Nasution, A. (2019) ‘PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENJALIN KERJASAMA DENGAN DUNIA USAHA DAN INDUSTRI UNTUK MENINGKATKAN’.

Nur, M. et al. (2017) ‘The evaluation of authentic assessment implementation of Curriculum 2013 in Elementary School’, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(1), pp. 104–115. doi: 10.21831/pep.v21i1.15779.

Poernomo, B. (2020) ‘Peran Perguruan Tinggi Dalam Menyiapkan Pemimpin Masa Depan menghadapi Era VUCA’, Prosiding Seminar STIAMI, 7(2), pp. 70–80.

Program, A. J. et al. (2018) ‘Strategi dan Cara Guru Untuk Meningkatkan Hasil Ujian Nasional’, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1), p. 31. doi: 10.29303/JIPP.V3I1.46.

Prozesky, D. R. and Mcommh, M. (2000) ‘Communication and Effective Teaching’, Community Eye Health, 13(35), p. 44.

Rachmawati, Y. (2013) ‘Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru’, Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang |, 01(01).

Rusniati and Haq, A. (2014) ‘Perencanaan strategis dalam perspektif organisasi’, Intekna, 14(2), pp. 102–209.

Sagala, S. (2016) ‘Menyusun Rencana Pengembangan Sekolah Dengan Prinsip Partisipatif Transparan dan Akuntabel’, pp. 13–25.

Sopandi, E. et al. (2021) ‘EVALUATION OF EDUCATION PROGRAM IMPLEMENTATION SCIENCE-BASED MADRASAH ALIYAH’, Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(01), pp. 249–260. doi: 10.34005/AKADEMIKA.V10I01.1097.

Supriyadi, S. (2017) ‘Community of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan antar Pustakawan’, Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 2(2), p. 83. doi: 10.14710/lenpust.v2i2.13476.

UREMADU, C. . D. – (2017) ‘SCHOOL AND COMMUNITY RELATIONS IN NIGERIA: AN EXPLORATORY REVIEW OF LITERATURE APPROACH’, International Journal of Economics, Business and Management Research, 1(04), pp. 34–52.

Widiarto, A. (2020) ‘Analisis Kebijakan Pengelolaan Guru di Indonesia’, Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 11(1), pp. 89–103. doi: 10.46807/aspirasi.v11i1.1525.

Widoyoko, S. E. P. (2017) Evaluasi program pembelajaran; panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik.

Zed, M. (2008) ‘Metode Penelitian Kepustakaan’, Yayasan Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v2i1.23702 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006

 

Indexed By: