THE EFFECT INQUIRY LEARNING MODEL WITH PICTORIAL RIDDLE TECHNIQUE DIGITAL BASED ON STUDENTS CREATIVE THINGKING ABILITY TOWARDS TEMPERATURE AND HEAT CONCEPT
Abstract
MODEL PEMBELAJARAN EFEK INQUIRY DENGAN TEKNIK PICTORIAL RIDDLE BERBASIS KEMAMPUAN HAL KREATIF MAHASISWA TERHADAP KONSEP SUHU DAN PANAS
Abstract
This study to determine the effect of inquiry model with technique pictorial riddle based digital on students’ creative thinking in temperature and heat concept. The study was conducted at SMAN 01 Rumpin on even semester year 2019/2020. Purposive sampling was used to determine the sample that class XI science I as experiment class and class XI science II as control class. This study used a quasi-experimental method as a research methodology and nonequivalent control group research design. This study used 8 essay questions as instrumental tests and questionnaires as instrumental nontest. Based on hypothesis test of posttest score by using t’ test showed Sig. (2-tailed) < significant standard. This shows that learning using inquiry model with technique pictorial riddle based digital effect to the creative thinking of the student. Also, in the experimental N-Gain test the experimental class increased which was superior to the control class. While, the results of questionnaire response of students to learning using inquiry model with technique pictorial riddle base digital, who got a very good category (78%).
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri dengan teknik teka-teki bergambar berbasis digital terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam konsep suhu dan kalor. Penelitian dilaksanakan di SMAN 01 Rumpin pada semester genap tahun 2019/2020. Purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel yaitu kelas XI IPA I sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA II sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu sebagai metodologi penelitian dan desain penelitian kelompok kontrol nonequivalent. Penelitian ini menggunakan 8 soal essay sebagai tes instrumental dan angket sebagai instrumental nontest. Berdasarkan uji hipotesis skor posttest dengan menggunakan uji t menunjukkan Sig. (2-tailed) <standar signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model inkuiri dengan teknik bergambar teka-teki berbasis digital berpengaruh terhadap daya pikir kreatif siswa. Selain itu, pada uji coba N-Gain kelas eksperimen mengalami peningkatan yang lebih unggul dari kelas kontrol. Sedangkan hasil angket respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model inkuiri dengan teknik bergambar riddle base digital memperoleh kategori sangat baik (78%).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Devi, S. S., Munawaroh, F., Hadi, W. P., & Muharrami, L. K. (2019). PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DENGAN METODE PICTORIAL. Natural Science Education Research, 2, 40–47. https://journal.trunojoyo.ac.id/nser/article/view/4275
Fitri, S. G. ., & Septifiana, V. (2013). Kreativitas Siswa dalam Pembuatan Model Struktur 3D Sel pada Pembelajaran Subkonsep Struktur dan Fungsi Sel. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 333–338. https://jurnal.fmipa.unila.ac.id/semirata/article/view/628
Guilford, J. . (1966). Measuremen and Creativity. Thepry into Practice, 5(4), 186–189. https://www.jstor.org/stable/1475131?seq=1
Khoiri, A., Sunarno, W., Sajidan, & Sukarmin. (2019). Inquiry training model to improve creativity student in environmental physics courses. AIP Conference Proceedings, 2194(December). https://doi.org/10.1063/1.5139781
Kristianingsih, D. D., Sukiswo, S. E., & Khanafiyah, S. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Metode Pictorial Riddle Pada Pokok Bahasan Alat- Alat Optik Di Smp. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1), 10–13. https://doi.org/10.15294/jpfi.v6i1.1095
Lestari, D. P., Sudarti, & Supriadi, B. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Kontekstual Berbasis Fisika Gasing (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan) pada Materi Suhu dan Kalor di SMA. Seminar Nasional Pendidikan 2016, 1, 96–107.
M. E. Winarno. (2013). Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani (Cetakan ke). Universitas Negeri Malang UM Press.
Ma’rifah, E. (2016). Identifikasi Kesulitan Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember ISSN : 2527 – 5917, Vol.1, 4(5), 124–133. jurnal.unej.ac.id
Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 672–688. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21686
Muhammad Fathurrohman. (2016). Model – model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan (Nur Hidayah (Ed.); II).
Muliyani, R., Kurniawan, Y., Studi, P., Fisika, P., Pascasarjana, S., & Pendidikan, U. (2014). MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Program Studi Pendidikan Fisika , Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika (SNFPF) Ke-5 2014, 5, 117–124. www.jurnal.fkip.uns.ac.id
Nilova, N. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri (Vol. 3, Issue 4) [UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3054
Nurrahmah, F. (2015). PROFIL PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X JENIS KELAMIN DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA [UIN Walisongo]. http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4542
Putra, R. D., Rinanto, Y., Dwiastuti, S., & Irfa, I. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2015 / 2016 The Increasing of Students Creative Thinking Ability Through of Inquiry Learni. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 330–334. jurnal.fkip.uns.ac.id
Saputro, R. P., Wasis, W., & Koestiari, T. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(1), 693. https://doi.org/10.26740/jpps.v5n1.p693-702
Srifujiyati, Kamaluddin, dan M. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing ( Guided Inquiry ) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Negeri 5 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 6(1), 1–5.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Alfabeta. www.cvalfabeta.com
Sulastri, F., Utami, L., & Octarya, Z. (2019). F . Sulastri , Lisa Utami & Z . Octarya PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING ( GUIDED INQUIRY ) BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP Keywords : Guided Inquiry Learning Model , Student Workbook Guided Inquiry Based , Creative Thinking. Konfigurasi, 3, 15–22. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/konfigurasi.v3i1.6802
Sund, R. B., & Trowbridge, L. W. (1967). Robert B. Sund, Leslie W. Trowbridge - Teaching science by inquiry in the secondary school -Merrill (1973).pdf. Charles E. Merrill Publishing Company.
Tendrita, M., Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2016). Empowerment of Creative Thinking Skills through Think Pair Share Remap Model. Proceeding Biology Education Conference (ISSN: 2528-5742), 13(1), 285–291. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5722
Torrance, E. P. (1965). Scientific Views of Creativity and Factors Affecting Its Growth. Daedalus, 94(3), 663–681. http://www.jstor.org/stable/20026936
Wardani, A. R., Gummah, S., & Ahzan, S. (2019). The Effect of Inquiry Learning Model with Pictorial Riddle Method on Students’ Creative Thinking Ability. Lensa : Jurnal Kependidikan Fisika, 7(1), 19. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v7i1.1905
Yuliani, H. (2017). Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Siswa Sekolah Menengah Di Palangka Raya Menggunakan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 3(1), 48. https://doi.org/10.25273/jpfk.v3i1.1134.
DOI: https://doi.org/10.15408/es.v12i2.18131 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Dini Nurfitria, Erina Hertanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
EDUSAINS. P-ISSN:1979-7281;E-ISSN:2443-1281
Â
Â