HIPERBOLA DAN HIPERREALITAS MEDIA Analisis Judul Berita Hiperbola di Situs Berita Online
Abstract
Abstract: : This article discusses the role of language, especially the hyperbolic assembly, in the formation of a hyperrealist society, namely a society wrapped up and confined to imagination. This article is based on literary research with the subject of Indonesian-language online news media with the object of news titles that contain hyperbolic meanings. Furthermore, it was analyzed using Jean Baudrillard's hyperreality simulakra theory through four stages, namely (1) a sign that was originally a representation of reality, which then (2) distorted reality. In the next stage (3) the reality will be increasingly blurred and lost, so that (4) the sign becomes a representation of the representation itself. The results of the analysis show that the hyperbolic news titles presented by online media become agents of simulakra which lead the imagination of the public to think of hyperrealism. Hyperbole is a media tool for extracting economic benefits from a reality that may not be worthy of consumption to become news that is excited and viral. Supported by increasingly massive use of social media behavior, the hyperreality created through simulakra imagination becomes more perfect in the midst of society.
Abstrak: Artikel ini membahas tentang peran bahasa, khususnya majas hiperbola, dalam pembentukan masyarakat hiperrealis, yaitu masyarakat yang terbungkus dan terkungkung dalam imajinasi. Artikel ini berbasis pada penelitian literer dengan subyek media berita online berbahasa Indonesia dengan obyek judul-judul berita yang mengandung makna hiperbola. Selanjutnya dianalisis menggunakan teori hiperrealitas simulakra Jean Baudrillard melalui empat tahap yaitu (1) tanda yang pada awalnya representasi realitas, yang kemudian (2) mendistorsi realitas. Pada tahap selanjutnya (3) realitas akan semakin kabur dan hilang, sehingga (4) tanda menjadi representasi atas representasi itu sendiri. Hasil analisis menunjukkan bahwa judul berita hiperbola yang disajikan oleh media online menjadi agen simulakra yang menuntun imajinasi masyarakat berfikir hiperrealisme. Hiperbola menjadi alat media untuk mengeruk keuntungan ekonomis sebuah realita yang bisa jadi tidak layak konsumsi menjadi berita yang heboh dan viral. Didukung dengan perilaku penggunaan media sosial yang semakin massive, maka hiperrrealitas yang tercipta melalui imajinasi simulakra menjadi semakin sempurna berada di tengah-tengah masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baudrillard, Jean. Simulacra and Simulation. University of Michigan press, 1994.
Dewabrata, A.M. Kalimat Jurnalistik. Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2004.
Emanuel Nicolas Manafe. “Nurul Syok Dengar Anggota Keluarganya Jadi Korban Kecelakaan Truk Seruduk Odong-Odong.” Tribunnews.Com, 2018. http://www.tribunnews.com/metropolitan/2018/07/27/nurul-syok-dengar-anggota-keluarganya-jadi-korban-kecelakaan-truk-seruduk-odong-odong.
Hasan, Kamarusin (FISIP UNIMAL Aceh). “Dilema Media Antara Ekonomi Politik Dan Ruang Publik.” Beritahukum.Com. May 7, 2014.
Hereyah, Yoyoh. “Media Massa: Pencipta Industri Budaya Pencerahan Yang Menipu Massa Studi Simulacra Dan Hiperrealitas Film AVATAR.” ULTIMACOMM 32 (2011): 95–104.
Hukmana, Siti Yona. “Keluarga Syok Aipda Denny Dibunuh Secara Keji.” Metronews.Com, 2018. http://news.metrotvnews.com/ peristiwa/Obzdd8dK-keluarga-syok-aipda-denny-dibunuh-secara-keji.
Kamal. “Rupiah Terkapar, Prabowo Berpesan Agar Tidak Menyerang Sri Mulyani.” Suratkabar.Id, 2018. http://www.suratkabar.id/107852 /pilpres-2019/rupiah-terkapar-prabowo-berpesan-agar-tidak-menyerang-sri-mulyani.
Kominfo. “Kominfo : Pengguna Internet Di Indonesia 63 Juta Orang.” Kominfo.Go.Id, 2013. https://kominfo.go.id/index.php /content/detail/3415/Kominfo+%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+63+Juta+Orang/0/berita_satker.
Kresno, Slamet Dodi. “Konstruksi Sosial Pemberitaan Kasus Simulator SIM Di Media Online Kompas.Com.” The Messenger VI, no. 1 (2014): 34–41. doi:http://dx.doi.org/10.26623/themessenger.v6i1.166.
Martha, Dyah Sarianti, and M. Jacky. “Perilaku Konsumtif Mahasiswi SPG.” Paradigma 3, no. 1 (2015).
Matondang, Denita. “Keluarga Driver Ojol Yang Ditabrak Model Tiara Syok Dan Menangis.” Detik.Com, 2018. https://news.detik.com/berita/ 3966439/keluarga-driver-ojol-yang-ditabrak-model-tiara-syok-dan-menangis.
Mukaromah, Haniatul. “Masyarakat Hipper-Reality (Kajian Pola Konsumtif Remaja Desa Bajing Kulon Atas Handphone) SKRIPSI.” IAIN Purwokerto, 2015.
Nasrullah, Rulli. “Konstruksi Identitas Muslim Di Media Baru.” Komunika: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 5, no. 2 (2011): 221–34. doi:https://doi.org/10.24090/komunika.v5i2.172.
Pertiwi, Wahyunanda Kusuma. “Riset Ungkap Pola Pemakaian Medsos Orang Indonesia.” Kompas.Com, 2018. https://tekno.kompas.com/read/2018 /03/01/10340027/riset-ungkap-pola-pemakaian-medsos-orang-indonesia.
Purba, David Oliver. “Rupiah Terkapar, PHK Mengintai Karyawan Pabrik Tekstil - Tribunnews.” Tribunnews.Com, 2015. http://www.tribunnews.com/bisnis/2015/08/25/rupiah-terkapar-phk-mengintai-karyawan-pabrik-tekstil.
Puspidalia, Yuentie Sova. “Bentuk Fungsi, Dan Makna Kias Dalam Judul Berita Majalah Gatra Dan Pemanfaatannya Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di PGMI STAIN Ponorogo.” Cendekia 13, no. 2 (2015): 252–73.
Putri, Elga Maulina, and Dhika Intan. “Banyak Yang Syok! Tersebar Foto-Foto Terbaru Bos First Travel, Dua Hal Ini Jadi Sorotan!” Tribunnews. 2017. http://wow.tribunnews.com/2017/08/23/banyak-yang-syok-tersebar-foto-foto-terbaru-bos-first-travel-dua-hal-ini-jadi-sorotan?page=4.
Quddus, Ghina Ghaliya. “Rupiah Melemah, Pertumbuhan Impor Bisa Melambat.” Kontan.Co.Id, 2018. https://nasional.kontan.co.id/ news/rupiah-melemah-pertumbuhan-impor-bisa-melambat.
Ramadhan, Ardito. “Evakuasi Pekerja Yang Tertimbun Reruntuhan Bangunan Di PIK Dilanjutkan - Kompas.” Kompas.Com, 2018. https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/15/14221451/evakuasi-pekerja-yang-tertimbun-reruntuhan-bangunan-di-pik-dilanjutkan.
Santoso, Dwi Budi. “Pemanfaatan Teknologi Search Engine Optimazion Sebagai Media Untuk Meningkatkan Popularitas Blog Wordpress.” Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK 14, no. 2 (2009): 131–36. http://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/article/download/100/95.
Santoso, Lollen Regina, and Edwin Japarianto. “Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Koran Kompas Di Surabaya.” Jurnal Manajemen Pemasaran Petra 3, no. 1 (2015): 1–11. http://publication.petra.ac.id/index.php /manajemen-pemasaran/article/viewFile/3137/2827.
Sativa, Dian. “Media Online Dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi (Studi Korelasi Antara Aktivitas Menggunakan Media Online Kompas.Com Dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Di Kalangan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Swadana Transfer Angkatan 2008 FISIP UNS).” Universitas Sebelas Maret Surakarta. Universitas Sebelas Maret, 2010. doi:10.1088/1751-8113/44/8/085201.
Seto, Woro. “Janggal! Promo Iklan First Travel, Perhatikan Warna Merah Pojok Bawah.” Tribunnews. 2017. http://wow.tribunnews.com/2017/ 08/26/janggal-promo-iklan-first-travel-perhatikan-warna-merah-pojok-bawah?page=4.
Sudiarsa, Kadek (Universitas Pendidikan Ganesha), Ida Ayu Made (Universitas Pendidikan Ganesha) Darmayanti, and I Wayan (Universitas Pendidikan Ganesha) Artika. “Analisis Gaya Bahasa Berita Kisah Pada Harian Kompas Maret 2015.” Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 3, no. 1 (2015). http://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/ JJPBS /article/view/6256.
Tiffin, John, and Nobuyoshi Terashima. Hyperreality: Paradigm for the Third Millenium. Psychology Press, 2001.
Wikipedia. “Hiperbola.” Wikipedia, 2017. https://id.wikipedia.org/ wiki/Hiperbola.
Wolipop. “Jadi Napi Korupsi, Perubahan Wajah Bupati Rita Bikin Syok.” Wolipop, 2018. https://wolipop.detik.com/readfoto/2018/08/08/ 171745/4157185/1548/1/jadi-napi-korupsi-perubahan-wajah-bupati-rita-bikin-syok?_ga=2.132027913.783042272.1537146486-76209916.1519693694.
Zaimar, Okke Kusuma Sumantri. “Majas Dan Pembentukannya.” Makara, Sosial Humaniora 6, no. 2 (2002): 45–57. http://www.hubsasia.ui.ac.id/index.php/hubsasia/article/viewFile/38/103.
DOI: https://doi.org/10.15408/dialektika.v5i2.9123 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dialektika : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, P-ISSN : 2407-506X E-ISSN : 2502-5201
Indexing by: