PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KESANTUNAN TINDAK TUTUR IMPERATIF BAHASA MELAYU PONTIANAK
Abstract
Abstract: This study is the development of teaching materials based on language character education to improve the politeness of speech acts in students of the Indonesian Language and Literature Education Study Program IKIP PGRI Pontianak. Development of integrated language teaching material in pragmatic subjects. In general, this study aims to develop teaching materials related to character education speaking in the Malay speech politeness in the Indonesian Language and Literature Education Study Program IKIP PGRI Pontianak students. The results obtained in this study that teaching materials used by researchers are feasible to use with a percentage of 78.94% and the results of the hypothesis there are differences between the results of students' speech politeness before and after applying teaching materials based on character education. This can be seen the average value of students at the pretest of 63.43 and the pottest of 71.72. Then it can be concluded that teaching materials based on character education are very suitable and feasible to be used as students of Indonesian Language and Literature Education study programs.
Abstrak: Penelitian ini merupakan pengembangan bahan ajar berbasis pendidikan karakter bahasa untuk meningkatkan kesopanan tindak tutur pada siswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak. Pengembangan materi pengajaran bahasa terintegrasi dalam mata kuliah pragmatik. Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang berkaitan dengan pendidikan karakter berbicara dalam kesantunan tindak tutur bahasa Melayu di lingkungan mahasiswa Program studi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa bahan ajar yang digunakan oleh peneliti layak digunakan dengan presentase sebesar 78,94% dan hasil hipotesis terdapat perbedaan antara hasil kesantunan berbicara mahasiswa sebelum dan sesudah menerapkan bahan ajar berbasis pendidikan karakter. Hal ini dapat dilihat nilai rata-rata mahasiswa pada pretest sbesar 63,43 dan pottest sebesar 71,72. Maka dapat disimpulkan bahan ajar berbasis pendidikan karakter berbahasa ini sangat cocok dan layak untuk digunakan bagai mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asim, Gunarwan. Pragmatik:Teori dan Kajian Nusantara. Jakarta. Universitas Atmajaya. 2007.
Chomsin. SW dkk. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta:PT Elex Media kompetendo. 2018.
Faried, Wadjadi. 2004. Pengaruh Pemberian Bahan Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Rangkaian Dasar Listrik (Suatu Studi di Jurusan Teknik Elektro UNJ). Teknodik. 15:105.
Lestari, Pragmatik: Analisis Wacana dan Guru Bahasa. Palembang: Universitas Sriwijaya: 2004.
Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdaryana. 2016.
Muchlish, Mansur. Text Book Writing: Jogyakarta:Ar-ruz Media. 2017
Markhamah, dkk.. Analisis Kesalahan dan Kesantunan Berbahasa. Surakarta: Muhammadiyah University Press. 2009.
Panen dan Purwanto. Pragmatik dan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Kanisius. 2016.
Pranowo. Berbahasa Secara Santun. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2009.
Pujianti. Pengembangan Bahan Ajar Praktikum Pengantar Akuntasi. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. 609-466. 2017.
Sibarani. Analisis Wacana Sebuah Kajian Bahasa dalam Pemakaian. Malang:Bayumedia. Publishing. 2004.
Sugiyono. Metode Penelitian (Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung:Alfabeta. 2018.
Siswanto, dkk. Pengantar Linguistik Umum. Yogyakarta: Yuma Pressindo. 2012
DOI: https://doi.org/10.15408/dialektika.v6i2.8504 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dialektika : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, P-ISSN : 2407-506X E-ISSN : 2502-5201
Indexing by: