STUDI KESALAHAN PENULISAN KALIMAT DALAM KARANGAN PELAJAR BAHASA INDONESIA UNTUK PENUTUR ASING (BIPA)
Abstract
Abstract: This study aims to describe the tendency of sentence error and it’s contributing factors in sentence errors of BIPA students' writings on academic level at UPT Bahasa of Universitas Sebelas Maret, Surakarta. This research uses qualitative research type in the form of case study. This study shows that the sentence errors of BIPA students' writings in UPT Bahasa UNS Surakarta are diction errors, spelling errors, and conjunction errors. The errors are caused by several obstacles, namely the more-likely hard and difficult Indonesian syntax material, the lack of vocabulary mastery, the less maximum out-of-class lesson time, the low learning motivation and attitude, and the less rigorous selection of BIPA students.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kecenderungan kesalahan kalimat dalam karangan pelajar BIPA tingkat akademik di UPT Bahasa Universitas Sebelas Maret dan faktor penyebabnya. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 11 pelajar BIPA Level Akademik yang mengikuti Program Darmasiswa di UPT Bahasa Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang berupa studi kasus. Penelitian ini menunjukkan bahwa tendensi kesalahan kalimat dalam karangan pelajar BIPA di UPT Bahasa UNS Surakarta berupa penggunaan diksi yang tidak tepat, ejaan yang salah, dan konjungsi yang tidak tepat. Kesalahan tersebut terjadi karena beberapa kendala, yakni materi kalimat bahasa Indonesia yang cukup sulit dan banyak, penguasaan kosakata yang kurang, pemanfaatan waktu pembelajaran di luar kelas yang kurang maksimal, sikap dan motivasi belajar yang rendah, dan penyeleksian pelajar BIPA yang kurang ketat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwi, dkk. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Pusat Bahasa. 2003.
Andayani. “The Effectiveness of Direct Learning in Ability Writing in Teaching Indonesian to Speakers of Other Languages”. Journal Education & Practice, Volume 24 (4). 2010.
Andayani. “Keterampilan Berbahasa Mahasiswa Peserta BIPA di Perguruan Tinggi”. Jurnal Kajian Lingusitik dan Sastra, Volume 19 (1), 2012.
Andayani. “The Correlation of Composition Aspects Understanding and Reasoning Ability to the Scientific Writing Skills of Students in Teaching Indonesian to Speakers of Other Languages (Tisol)”. International Journal of Language and Literature, Volume 3 (1), 2015.
Anjarsari, Nurvita, Sarwiji Suwandi, Slamet Mulyono. “Analisis Kesalahan Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Karangan Mahasiswa Penutur Bahasa Asing di Universitas Sebelas Maret”. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, Volume 2 (1), 2013.
Arifin, E. Zainal dan S. Amran Tasai. Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akapress. 2010.
Casas, Carlos Quiles. A Grammar of Modern Indo-Eropa: Language and Culture, Writing System and Phonology, Morphology, Syntax. European Union: Dnghu Adsoqiation. 2007.
Chaer, A. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta. 2007.
Chaer, A. Sintaksis Bahasa Indonesia: Pendekatan Proses. Jakarta: Rineka Cipta. 2015.
Depdikbud. Permendikbud Tahun 2015 No. 50 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Depdikbud: Jakarta. 2015.
Dulay, H., Burt, M. & Krashen, S. Language Two. New York: Oxford University Press. 1982.
Halliday, M.A.K. and Matthiessen, C.M.I.M. An Introduction to Functional Grammar. London: Arnold. 2004.
Hong, Ang Leng, Hajar Abdul Rahim, Tan Kim Hua, Khazriyati Salehuddin. “Collocations in Malaysian English learners’ Writing: A Corpus-Based Error Analysis”. 3L: The Southeast Asian Journal of English Language Studies, Volume 17 (Special Issue), 2011.
Indihadi, D. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press. 2006.
James, Carl. Contrastive Analysis. Harlow Essex: Longman Group Ltd. 1980.
Kasno. Kamus sebagai Sumber Rujukan dan Pengajaran Kosakata. Jakarta: Pusat Bahasa. 2004.
Keraf, G. Komposisi. Flores: Nusa Indah. 1978.
Kusmiatun, A. Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media. 2016.
Mahmud, H. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. 2011.
Nasution, S. Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif. Bandung: Tarsito. 1992.
Pateda, M. Analisis Kesalahan. Flores: Nusa Indah. 1989.
Praptiningsih. Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Surakarta: Tesis Program Pascasarjana UNS. 2007.
Putrayasa, I. B. Kalimat Efektif (Diksi, Struktur, dan Logika). Bandung: PT Refika Aditama. 2007.
Putri, D.T. N. dan Isnani, G. “Pengaruh Minat Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran”. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Volume 1 (2), 2015.
Ramliyana, R. “Membangkitkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Melalui Media Komik”. DIALEKTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 3 (1), 2016.
Schunk, D.H., Pintrich, P.R., & Meece, J.L. Motivasi Dalam Pendidikan. Edisi 3. Terjemahan Ellys Tjo. Jakarta: PT Indeks. 2008.
S. Darsita. Penggunaan Kalimat Bahasa Indonesia oleh Mahasiswa Penutur Bahasa Asing. Al-Turaṡ, Volume XX (2), 245-258. 2014.
Setyawati, N. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka. 2010.
Susanto, G. Pengembangan Bahan Ajar BIPA Berdasarkan Kesalahan Bahasa Indonesia Pelajar Asing. BAHASA DAN SENI, Volume 35 (2), 234. 2007.
Sutopo, H. B. Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar Teori danTerapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. 2006.
Tim Pusat Bahasa. Buku Praktis Bahasa Indonesia Jilid I. Jakarta Timur: Pusat Bahasa. 2006.
DOI: https://doi.org/10.15408/dialektika.v5i1.6295 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dialektika : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, P-ISSN : 2407-506X E-ISSN : 2502-5201
Indexing by: