KESALAHAN BERBAHASA YANG DIANGGAP KELAZIMAN DALAM KARYA TULIS ILMIAH

Syihaabul Hudaa, Nuryati Djihadah, Winci Firdaus

Abstract


Abstract: Writing scientific papers requires the practice of using correct language by KBBI rules. However, in the preparation of scientific documents such as papers, articles, and undergraduate thesis still found incorrect language practices. This of course has an impact on ignoring the correct grammar following KBBI. The purpose of writing this article is to examine various kinds of language mistakes that have been considered as truth by students. This is based on their nescience of the correct language in KBBI, so the words used often ignore the correct rules. This research belongs to the type of descriptive qualitative research by describing research findings using detailed text. Researchers used a content analysis approach to analyze student scientific papers. Then, the error is classified based on the type of error, such as nonstandard words, prepositions, and derivative forms that are often wrong in their writing practice. Based on the research conducted it was concluded that in scientific papers, students still found a lot of language errors which they considered to be a correct form of words.

 

Abstrak: Penulisan karya tulis ilmiah memerlukan praktik penggunaan bahasa yang benar sesuai dengan kaidah KBBI. Akan tetapi, di dalam praktik karya tulis ilmiah seperti: makalah, artikel, dan skripsi masih ditemukan praktik berbahasa yang tidak benar. Hal ini tentu saja berdampak pada pengabaian kaidah bahasa yang benar sesuai dengan KBBI. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengkaji pelbagai macam kesalahan berbahasa yang sudah dianggap sebagai kebenaran oleh mahasiswa. Hal ini didasari pada ketidaktahuan mereka tentang bahasa yang benar di dalam KBBI, sehingga kata yang digunakan sering mengabaikan kaidah yang benar. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualiatif deskriptif dengan memaparkan hasil temuan penelitian menggunakan teks secara detail. Peneliti menggunakan pendekatan analisis isi untuk menganalisis karya tulis ilmiah mahasiswa. Kemudian, kesalahan tersebut diklasifikasi berdasarkan jenis kesalahan seperti: kata tidak baku, kata depan, dan bentuk turunan yang sering salah di dalam praktik penulisannya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa dalam karya tulis ilmiah mahasiswa masih banyak ditemukan kesalahan berbahasa yang mereka anggap sebagai suatu bentuk kata yang benar.

 


Keywords


standard words; the form of writing error; types of errors; kata baku; bentuk kesalahan penulisan; jenis kesalahan

Full Text:

PDF

References


Afifah, Elian Iwi dkk. “Pengembangan Media Letter Sharing untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Introvert.” Jurnal Kajian dan Bimbingan Konseling. Vol. 1, No. 1

Bahtiar, Ahmad. “Kompetensi Kesusastraan Guru Bahasa dan Sastra Indonesia di Wilayah Tangerang Selatan.” Jurnal Indonesian Language Education and Literature. Vol. 2, No. 2.

Bahtiar, Ahmad dkk. Khazanah Bahasa: Memaknai Bahasa Indonesia dengan Baik dan Benar, Bogor: In Media, 2019.

Emzir. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo, 2012.

Hudaa, Syihaabul. “Transliterasi, Serapan, dan Padanan Kata: Upaya Pemutakhiran Istilah dalam Bahasa Indonesia.” Jurnal SeBaSa. Vol. 2, No. 1.

Hudaa, Syihaabul. “Efektifitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Pendekatan Student Active Learning di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.” Jurnal Bahastra. Vol. 38, No. 1.

Juwita, Rina. “Media Sosial dan Perkembangan Komunikasi Korporat.” Jurnal Penelitian Komunikasi. Vol. 20, No. 1.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Karya, 2001.

Noveliyati dan Sabani. “Generasi Milenial dan Absurditas Debat Kusir Virtual.” Jurnal Informasi. Vol. 48, No. 1.

Novida, Irma dkk. “Penulisan Kreatif untuk Meningkatkan Penjualan Produk Dekorasi Rumah dalam Era Digital (Strategi Pemasaran Daring)” Jurnal of Character Education Society. Vol. 2, No. 2.

Nuryani. “Tingkat Keterbacaan Soal Wacanan Ujian Nasional (UN) Tingkat SMA Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2013/2014.” Jurnal Kembara. Vol. 2, No. 1.

Setiawati, Sulis. “Penggunaan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dalam Pembelajaran Kosakata Baku dan Tidak Baku pada Siswa Kelas IV SD.” Jurnal Gramatika. Vol. 2, No. 1.

Ulfiani dan Cintya Nurika Irma, “Analisis Kesalahan Berbahasa pada Surat Dinas Desa Kalikoka Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes,” Jurnal Gramatika, Vol. 5, No. 1.




DOI: https://doi.org/10.15408/dialektika.v8i1.14617 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dialektika : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, P-ISSN : 2407-506X E-ISSN : 2502-5201

Indexing by:

    

more...