PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) MELALUI PERMAINAN SOSIODRAMA DI SANGGAR KAMPUNG INDONESIA TULUNGAGUNG

mohamad jazeri jazeri, Mokh Mukhlas, Oktavia Winda Lestari, Siti Kameelah Kareng

Abstract


Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan sosiodrama dalam pembelajaran BIPA di Sanggar Kampung Indonesia, Tulungagung yang meliputi pelaksanaan sosiodrama, keterampilan berbahasa, dan nilai-nilai yang diajarkan. Data diperoleh dari kegiatan pembelajaran BIPA dengan menggunakan metode sosiodrama di Sanggar Kampung Indonesia, Tulungagung. Data tersebut dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mendapatkan data pelaksanaan bermain sosiodrama. Wawancara digunakan untuk mengetatahui keterampilan dan nilai-nilai yang diajarkan melalui permainan sosiodrama. Kedua teknik tersebut dilengkapi dengan dokumen naskah sosiodrama yang diperankan oleh mahasiswa. Data  dianalisis dengan model interaktif yang diadaptasi dari Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan simpulan akhir. Hasil analisis data menemukan bahwa dalam pelaksanaan sosiodrama, seluruh karakter diperankan oleh mahasiswa BIPA. Permainan sosiodrama tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara sesuai dengan konteks sosial budaya yang meliputi keterampilan mengungkapkan perasaan suka, tidaksuka, bahagia, sedih, dan kecewa. Nilai-nilai yang diajarkan melalui sosiodrama meliputi nilai budaya dan nilai religious.

 

Kata Kunci: Sosiodrama, keterampilan berbahasa, BIPA, nilai budaya, nilai

                   religious

Abstract

This artikel aims to describe the implementation of playing sociodrama, language skills, and values taught through playing sociodrama in teaching Indonesian for Foreign Speakers (BIPA) at Sanggar Kampung Indonesia, Tulungagung. The data were collected through technique of observation, interview, and documentation.   The data were analyzed by interactive model adopted from Miles and Huberman, consisted of collecting data, reducing data, displaying data, verifying data, and drawing conclusion. The data analysis revealed some findings as follow: (1) students were divided into four groups and each group played as actors of sociodrama, (2) sociodrama aimed to improve language skills such as expressing like and dislike, happiness, sadness, and disappointed, (3) sociodrama taught cultural values, pragmatics values, and religious values.

 

Keywords: Sociodrama, language skills, BIPA, culture value, religious value


Keywords


Sociodrama, language skills, BIPA, culture value, religious value

Full Text:

PDF

References


Ardianta, J. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA MELALUI METODE DRAMA PADA SISWA KELAS VIIC SMP DHARMA PRAJA. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 3(1), 47. https://doi.org/10.22225/jr.3.1.84.47-61

Jazeri, Mohamad. (2013). Pembelajaran BIPA dengan Metode Immersi di Universitas Negeri Malang dan Sanggar Kampung Indonesia Tulungagung. Tulungagung: STAIN Tulungagung Press.

Miles, Matthew B. dan Huberman, A. Michael. (2007). Anaalisis Data Kulaitatif (Terjemahan Tjetjep Rohendi R). Jakarta: UI Press.

Nopianti, L. (2013). Penggunaan Media Drama Komedi Opera Van Java untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas XI Bahasa 1 SMA Negeri 1 Sukasada. Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, (Vol 1, No 6 (2013)). Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/992

Santoso, I. (2012). PENDIDIKAN KARAKTER DAN PEMBELAJARAN BAHASA ASING BERWAWASAN INTERKULTURAL. Jurnal Pendidikan Karakter, (No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Karakter Edisi Februari 2012, TH. II, No. 1). Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1455

Sonia Piscayanti, K. (2017). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SASTRA BERBASIS KARAKTER DAN LOKALITAS DALAM MATA KULIAH DRAMA, JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA SINGARAJA. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 1(2). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v1i2.4488

Surtantini, R. (2015). Pembelajaran Seni Bahasa dalam Konteks Lintas Kurikulum melalui Drama. Jurnal Kajian Seni, 2(1), 74. https://doi.org/10.22146/ART.11650

Suyitno, I. (2003). Pemahaman Budaya dalam Pembelajaran Bahasa ( Asing ). Prosiding Seminar Internasional, (1), 305–323.

Suyitno, Imam. (2010). Pengembangan Materi Pembelajaran BIPA Berdasarkan Tujuan Belajar Pelajar Asing. Pidato Pengukuhan Guru Besar. Malang: Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.15408/dialektika.v8i2.11547 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dialektika : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, P-ISSN : 2407-506X E-ISSN : 2502-5201

Indexing by:

    

more...