KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PESERTA BPJS KESEHATAN DAN KAITANNYA DENGAN GOOD GOVERNANCE

miftakhul shafa salsabila

Abstract


BPJS Kesehatan merupakan badan usaha publik yang bertanggung jawab kepada Presiden. Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 111 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 12 Tahun 2013 Tentang
jaminan kesehatan menyatakan bahwa BPJS Kesehatan berwenang mengadakan perjanjian kemitraan dengan institusi kesehatan dalam pelaksanaan tugasnya. Tujuan kerjasama yang akan dilaksanakan adalah terselenggaranya pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan.  

Di sisi lain, BPJS Kesehatan mengalami defisit yang membuat faskes kesulitan membayar klaim. Menurut Dirut BPJS Kesehatan, akar masalah defisit BPJS Kesehatan adalah tingkat pembayaran kepesertaan yang tidak sesuai perhitungan aktuaria. Berdasarkan perhitungan aktuaria, besaran ideal pembayaran BPJS Kesehatan untuk peserta Kelas III adalah Rp53.000. Padahal, jumlah sumbangan negara saat itu hanya 25.500 rubel. Dengan cara ini, BPJS Kesehatan harus memiliki 27.500 rupiah. Hal yang sama juga terjadi pada Kelas I dan II. BPJS Kesehatan juga mengalami kerugian akibat tidak terbayarnya iuran dari peserta mandiri atau Bukan Penerima Upah  atau dikenal dengan PBPU. 


References


Pramesti, M. W., & Kusumawati, D. (2021). GOOD GOVERNANCE DALAM KEMITRAAN GUNA MELAKSANAKAN PELAYANAN KESEHATAN DI KOTA SEMARANG. Public Service and Governance Journal, 2(01), 67-78.

BPJS, K. (2021). Panduan Praktis Tentang Kepesertaan dan Pelayanan Kesehatan yang Diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan Berdasarkan Regulasi yang Sudah Terbit. Diambil kembali dari https://bpjs-kesehatan. go. id.

Krisdayanti, W. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk Meningkatkan Efektivitas Pelayanan BPJS Kesehatan di Kota Medan (Doctoral dissertation).

Sagala, R. B., & Hajad, V. (2022). Inovasi Pelayanan Kesehatan Mobile JKN Di Kantor BPJS Kota Subulussalam. Journal of Social Politics and Governance (JSPG), 4(1).


Full Text: Untitled

DOI: 10.15408/icl.v1i2.33442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.