PENGGUNAAN DWIBAHASA PADA TUTURAN SEHARI HARI ANAK USIA 3 TAHUN

Zahwa Nur Fitriah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bilingualisme dalam komunikasi yang tidak terlepas dari insiden campur kode, serta menjelaskan faktor-faktor yang melatarbelakangi penggunaan bilingualisme yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang diterapkan adalah metode simak, metode simak libat cakap, dan metode wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak laki-laki berusia 3 tahun 8 bulan dengan inisial MA. Data dalam penelitian ini berupa tuturan yang diproduksi oleh MA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MA, seorang anak laki-laki berusia 3 tahun 8 bulan, masih mampu menghasilkan tuturan dalam bahasa Jawa, meskipun tidak lebih dari satu suku kata dalam setiap kalimat yang diucapkannya. Sementara itu, dalam bahasa keduanya, yaitu bahasa Indonesia, MA mampu mengucapkan lebih dari dua suku kata per kalimat dan MA mampu mengadaptasi bahasa yang digunakan oleh lawan tuturnya. Selain faktor lingkungan mayoritas, faktor orang tua yang terus menggunakan bahasa Jawa dalam percakapan sehari-hari memberikan pengaruh yang signifikan terhadap bilingualisme MA

Keywords


Psikolinguistik; Bilingual; Campur Kode.

Full Text:

PDF

References


A, Kholid, Harras. Andhika, Dutha, Bachari. (2009). Dasar-dasar Psikolinguistik. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Press.

Dardjowidjojo, Soenjono. (2008). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Eko, Aryanto Dedy. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Somalia Umur 4 TahunnTerhadap Bahasa Kedua Dalam Lingkungan Masyarakat Ciputat Tangerang Selatan. Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 16(2). https://journal.uniku.ac.id/index.php/FON/article/view/2970.

Kushartanti. Untung, Yuwono. Multamia, RMT, Lauder. 2007. Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Marpuang. (2022). Gejala Bilingualisme Yang Berkembang Di Era Globalisasi. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia. 7(11). https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/12348.

Nurpadillah, Veni.( 2018). Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Kegiatan Pembelajaran Di SMP Perbatasan Cirebon-Kuningan. Jalabahasa.

Randi. Eka, S. Nur, I, S. (2023). Analisis Wujud Pilihan Bahasa Pada Akun Instagram Ryaas Randa. KIBAR. (179-185). https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/kibar/article/view/6312/0

Setiawan, Budi. (2023). Bilingualisme Pada Anak Indonesia. Yogyalarta: Gadjah Mada University Press.

Sudarwati, Emy. Widya, C, P. Nia, B. (2017). Pengantar Psikolinguistik. Malang: Tim UB Press.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharti, Sri dkk. (2021). Kajian Psikolinguistik. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammadiyah.

Sukirman. (2021). Beberapa Aspek dalam Kedwibahasaan (Satuan Tinjauan Sosiolinguistik). Jurnal Konsepsi. 9(4).

Ulfa, Mariam. (2019). Konstruksi Tulisan Mahasiswa Bilingual Dalam Menulis Deskriptif. Paramasastra. 6(2). https://journal.unesa.ac.id/index.php/paramasastra/article/download/7389/3505.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tandai Penghitung

 Lihat Statistik Saya