REALISASI PRINSIP KESANTUNAN DALAM PODCAST VINDES BERSAMA BERNADYA

Elsa Ratna Wulandari, Dona Aji Karunia Putra

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan realisasi prinsip kesantunan Leech dalam kanal Youtube yang berjudul “Bernadya: Aku Sering dibilang Mirip Natasha Rizky...Desta pun Tersenyum...”. Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa tuturan yang mengandung prinsip kesantunan dalam percakapan kanal Youtube. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi yang terjadi mencerminkan penerapan prinsip kesantunan dalam konteks komunikasi digital informal. Selain itu, terdapat 21 tuturan yang menerapkan prinsip kesantunan dengan rincian sebagai berikut 1) maksim kebijaksanaan 3 tuturan; 2) maksim kedermawanan 1 tuturan; 3) maksim penghargaan 4 tuturan; 4) maksim kerendahan hati 4 tuturan; 5) maksim permufakatan 4 tuturan; dan 6) maksim simpati 5 tuturan. Maksim simpati lebih dominan digunakan, sedangkan maksim kedermawanan paling sedikit digunakan.


Keywords


: prinsip kesantunan; leech; tuturan, podcast.

Full Text:

PDF

References


Attardo, S. (1994). Linguistic theories of humor. Berlin: Mouton de Gruyter.

https://doi.org/10.1515/9783110219029

Baskoro, A. (2009). Panduan Praktis Searching di Internet. Jakarta: PT Trans Media.

Bonini, T. (2015). The ‘Second Age’ of Podcasting: Reframing Podcasting as a New Digital

Bousfield, D., & Locher, M. A. (Eds.). (2008). Impoliteness in Language: Studies on Its Interplay with Power in Theory and Practice. Mouton de Gruyter.

Brown, P., & Levinson, S. C. (1987). Politeness: Some universals in language usage (Vol. 4). Cambridge: Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511813085

Brown, P., & Levinson, S. C. (1987). Politeness: Some Universals in Language Usage. Cambridge University Press.Mass Medium. Quaderns del CAC, 41(18), 21–30.

Chaer, Abdul. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Crystal, D. (2011). Internet Linguistics: A Student Guide. Routledge.

Culpeper, J. (2021). Impoliteness: Using Language to Cause Offence. Cambridge University Press.

Dynel, M. (2009). Beyond a joke: Types of conversational humour. Language and Linguistics Compass, 3(5), 1284–1299.

https://doi.org/10.1111/j.1749-818X.2009.00152.x

Dynel, M. (2020). Irony, Deception and Humour: Seeking the Truth about Overt and Covert Untruthfulness. Mouton de Gruyter.

Haugh, M. (2015). Im/politeness Implicatures. Mouton de Gruyter.

Herring, S. C. (2013). Discourse in Web 2.0: Familiar, Reconfigured, and Emergent. In Tannen & Trester (Eds.), Discourse 2.0: Language and New Media (pp. 122–145). Georgetown University Press.

Heryani, Dini, Hendaryan & Asep Hidayatullah. (2023). Kesantunan Berbahasa dalam Podcast Deddy Corbuzier. Jurnal Diksatrasia, 7(2), 544. http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i2.11177

Holmes, J. (2000). Politeness, power and provocation: How humour functions in the workplace. Discourse Studies, 2(2), 159–185.

https://doi.org/10.1177/1461445600002002002

Holmes, J. (2013). An Introduction to Sociolinguistics (4th ed.). Routledge.

Kaluku, Diana Ferjinia, Asna Ntelu & Muslimin. (2023). Kesantunan Berbahasa dalam YouTube Channel Deddy Corbuzier. Jembura Journal of Linguistics and Literature. 4(1), 158-176. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjll

Leech, G. (2014). The pragmatics of politeness. Oxford: Oxford University Press.

https://doi.org/10.1093/acprof:oso/9780195341386.001.0001

Lesmana, Hendra & Moch. Syafieq Hisyam. (2024). Kesantunan Berbahasa pada Podcast Atta Halilintar dalam Konten Channel YouTube Need A Talk. Jurnal Diksatrasia, 8(1), 248. http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i1.12982

Llinares-García, D. (2022). Podcasting and the Reconfiguration of Public Discourse. New Media & Society, 24(3), 505–522.

Locher, M. A., & Watts, R. J. (2005). Politeness Theory and Relational Work. Journal of Politeness Research, 1(1), 9–33.

McHugh, S. (2022). Podcasting as Audio Storytelling: A Theory of Sound, Listening and Transmission. Palgrave Macmillan.

Mey, J. L. (2001). Pragmatics: An introduction (2nd ed.). Oxford: Blackwell Publishing.

Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group.

Rahardi, Kunjana. (2014). Sosiopragmatik. Jakarta: Erlangga.

Seargeant, P., & Tagg, C. (2014). The Language of Social Media: Identity and Community on the Internet. Palgrave Macmillan.

Sudarmoyo. (2020). Podcast sebagai Alternatif Media Pembelajaran Jarak Jauh. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 2020. https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i2.212

Tagg, C. (2015). Exploring Digital Communication: Language in Action. Routledge.

Thomas, J. (1995). Meaning in interaction: An introduction to pragmatics. London: Longman.

Watts, R. J. (2003). Politeness. Cambridge: Cambridge University Press.

https://doi.org/10.1017/CBO9780511615184

Yule, G. (2020). The study of language (7th ed.). Cambridge: Cambridge University Press.

https://doi.org/10.1017/9781108770422


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tandai Penghitung

 Lihat Statistik Saya