ANALISIS GANGGUAN KEBAHASAAN PADA ASPEK FONOLOGI ANAK YANG TERKENA SPEECH DELAY: KAJIAN PSIKOLINGUISTIK.
Abstract
Speech Delay merupakan gangguan berbahasa pada anak yang disebabkan karena keterlambatan dalam berbicara dan mengucapkan kata demi kata. Penelitian kami membahas tentang Gangguan Kebahasaan dalam Aspek Fonologi yang dialami oleh seorang Anak berusia 3-5 Tahun berinisial huruf Y. Metode penelitian yang kami lakukan adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik Observasi dengan menggunakan alat instrumen rekaman suara atau voice record. Penelitian ini menggunakan teknik analisis datanya dengan menggunakan teori psikolinguistik. Hasil Penelitiannya terdapat 23 huruf dalam data yang terjadi perubahan fonem dari huruf aslinya. Lalu terdapat 4 huruf dalam data yang terjadi penambahan fonem dari huruf aslinya. Selanjutnya, terdapat 32 huruf dalam data yang terjadi penghilangan fonem dari huruf aslinya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfin, Jauharoti and Pangastuti dan Ratna. 2020. Perkembangan bahasa pada anak Speech Delay. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 2 (1). pp. 76-86. ISSN 2715-8446; 2715-8454
Aminah, Siti dan Ratnawati. 2022. Mengenal Speech Delay Sebagai Gangguan Keterlambatan Berbicara pada Anak (Kajian Psikolinguistik). Jaladri:Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda: Vol 8 No 2 (2022): Jaladri.
Istiqlal, Alfani Nurul. 2021. Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Pada Anak usia 6 Tahun. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini UIN Malang: Vol 2, No 2 (2021)
Kurniati, Mulia dan Nuryani. 2020. Pengaruh Sosial Media Youtube Terhadap Pemerolehan Bahasa Anak usia 3-4 Tahun (Studi pada Anak Speech Delay). FON: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i1.2494
Muslimat, Andi Filsah, dkk. 2020. Faktor dan Dampak Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Terhadap Perilaku Anak Studi Kasus Anak Usia 3-5 Tahun: Kajian Psikolinguistik. Jurnal Al-Qiyam: https://doi.org/10.33648/alqiyam.v1i1.122
Nina, dkk. 2023. Kajian Psikolinguistik pada Pemerolehan Bahasa Anak Speech Delay Usia 2-3 Tahun di Kec. RancaBungur, Kab. Bogor. Jurnal Ilmiah Hospitality:https://doi.org/10.47492/jih.v12i1.2638
Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), hal. 4-5
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Khoiriyah, K., Ahmad, A., & Fitriani, D. (2016). Model Pengembangan Kecakapan Berbahasa Anak yang Terlambat Berbicara (speech delay) (Doctoral dissertation, Syiah Kuala University).
Refbacks
- There are currently no refbacks.