PENGARUH MEDIA YOUTUBE PADA PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA 6 TAHUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media Youtube terhadap pemerolehan bahasa anak usia 6 tahun. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 6 tahun berjenis kelamin perempuan yang bernama Maudya El Hazima. Data dalam penelitian berupa tuturan yang diproduksi oleh Maudy. Teknik pengumpulan data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, kemudian metode simak dan katat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pemerolehan bahasa baru yang dihasilkan dari tontonan Youtube pada anak usia 6 tahun. Terdapat 20 kata yang dihasilkan dari tontonan Youtube dalam penelitian ini, diantaranya; asyiap, hayuk, kamu nanyea, ucul, otw, mang ea, chuaks, sumpeh, halu, bosqu, goks, hoax, kuy, kepo, mantul, prik, easy, gemoy, galau, dan songong. Adapun penelitian ini membahas mengenai perolehan bahasa anak yang disebabkan karena keterbatasan mereka dalam mengolah informasi berupa Bahasa.
Keywords
References
Abidin, Y. (2019). Konsep Dasar Bahasa Indonesia. Bumi Aksara.
Adhimah, Syifaul. (2020). Peran orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini (studi kasus di desa karangbong rt. 06 rw. 02 Gedangan-Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Anak. 9 (1). 60.
Alwi, H. dkk. (2003). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Aslinda dan Leni Syafyahya. (2010). Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: Refika Aditama.
Chaer, Abdul. (2009). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Dhifa, dkk. (2020). Peradaban Media Sosial di Era Industri. PT. Cita Intrans Selaras.
Jumaris. (2004). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Keraf, Gorys. (1994). Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Jakarta: Nusa Indah.
Mahsun. (2007). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Referensi.
Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Nasuha, Rakaiza Imani. (2020). Pengaruh YouTube Terhadap Pemerolehan Bahasa Kedua Pada Anak Usia 8 Tahun. Metabahasa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 3(1). 13.
Noermanzah, N. (2017). Struktur Kalimat Tunggal Bahasa Sindang di Kota Lubuklinggau dan Pengaruhnya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 2.
Nurjanah, Siti. Millatuddiniyyah, dan N. (2018). Pemerolehan Bahasa Anak Akibat Pengaruh Film Kartun (Suatu Tinjauan Psikoliguistik). Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Vol. 1, No.3.
Sari, Kumala Rita dan Siti Fathonah. (2021). Faktor Lingkungan dalam Pemerolehan Kosakata pada Anak Usia 1-2 tahun: Kajian Pskolinguistik. Jurnal Edukasi. Vol. 8, No. 1.
Syaprizal, Muhammad Peri. (2019). Proses Pemerolehan Bahasa pada Anak. Jurnal Al-Hikmah. Vol. 1, No. 2.
Tarigan, Henry Guntur. (1988). Pengajaran Pemerolahan Bahasa, Bandung: Angkasa.
Tjanatjantia, Widika. 2013. Sejarah Berdirinya Youtube. Sejarah Dunia. Online, https://canacantya.wordpress.com/sejarah/sejarah-berdirinya-youtube/ (diakses pada 21 Desember 2023 pukul 23.15).
Refbacks
- There are currently no refbacks.