WIZER.ME SEBAGAI INOVASI DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Ainatun Nabilah, Didah Nurhamidah

Abstract


Adanya media pembelajaran berbasis teknologi merupakan daya tarik tersendiri bagi peserta didik dalam proses pembelajaran. Teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat, terutama dalam hal komunikasi dan akses internet yang semakin mudah bagi masyarakat dalam memperoleh informasi. Pada era saat ini, teknologi dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran guna menunjang proses evaluasi pembelajaran. Penelitian ini membahas mengenai Wizer.me sebagai inovasi dalam evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Wizer.me terhadap inovasi dalam proses evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode campuran (kualitatif dan kuantitatif) dengan teknik survei. Langkah-langkah penelitian meliputi pengumpulan data melalui kuesioner, analisis data, dan penyajian hasil analisis secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Wizer.me mampu menghadirkan inovasi dalam media pembelajaran, sehingga mendukung proses evaluasi pembelajaran dan menciptakan pembaruan yang meningkatkan minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran.

Keywords


Wizer.me, Innovation, Evaluation, Learning

Full Text:

PDF

References


Anggito, Albi. dan Johan. Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Duli, Nikolaus. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Deepublish.

Husamah, Arina Restian, R. W. (2019). Pengantar Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Malang.

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Anak Hebat Indonesia.

Kustandi, Cecep dan Daddy. Darmawan. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat,. Kencana.

Muhson, Ali. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 1.

Mulyani, F. dan N. H. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1).

Nasrulloh, M. Farid dan Fitri Umardiyah. (2020). Efektivitas Strategi Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Pada Pembelajaran. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Nurfadhillah, Sept. dan 4A Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tangerang Tahun. 2021. (2021). Media Pembelajaran. CV Jejak.

Nursaditri, Laila. dan Taman Firdaus. (2023). Teknologi Pembelajaran: Konsep dan Aplikasinya di Era Disrupsi. Jejak Pustaka.

Shalikhah, Norma. Dewi. dkk. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran. Jurnal Warta Lpm, 20(1), 13.

Sobri, Muhammad dan AsriFauzi, Aisa Nikmah Rahmatih, Dyah Indraswati, L. W. Z. A. (2023). Pemanfaatan Website Wizer.Me Untuk Mengembangkan E-LKPD Interaktif Bagi Guru Sekolah. Jurnal Mitra Mahajan, 4(1), 23.

Soemantri, S. (2019). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Digital. Jurnal Aksiologiya, 3(1).

Wulandari, Amelia Putri dan Annisa Anastasiah Salsabila, Karina Cahyani, Tsani Shofiah, Nurazizah, Z. U. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal On Education, 5(2).

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tandai Penghitung

 Lihat Statistik Saya