PELAKSANAAN EVALUASI TERHADAP KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH MAN 12 JAKARTA BARAT

Hanin Hanifah, Bulqaini Bulqaini, Hindun Hindun

Abstract


Penelitian ini berfokus pada evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 12 Jakarta. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dengan metode pengumpulan data berupa observasi dan wawancara terhadap guru mata pelajaran Bahasa Indonesia serta siswa kelas 11 dan 12. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa Kurikulum 2013, meskipun berlandaskan pendekatan saintifik, cenderung berpusat pada penyelesaian materi di dalam kelas. Sebaliknya, Kurikulum Merdeka menawarkan pembelajaran berbasis proyek (P5) yang memberikan peluang lebih besar bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi. Kurikulum Merdeka juga mendorong kemandirian siswa serta lebih relevan dengan tuntutan era global. Berdasarkan analisis, Kurikulum Merdeka terbukti lebih efektif dalam membangun keterlibatan siswa dan menghadirkan pembelajaran yang kontekstual dibandingkan dengan Kurikulum 2013.


Keywords


Kurikulum 2013, Kurikulum Merdeka, Observasi, Evaluasi, Implementasi

Full Text:

PDF

References


Aulia, N., S. & J., 2023. Analisis Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, p. 14.

Aulia, N., S. & J., 2023. Analisis Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, p. 14.

Hidayah, N., 2022. Pandangan Terhadap Problematika Rendahnya Mutu Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Konseling, Volume 4, p. 6594.

Mulyasa, E., 2014. Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pradasari, N. I., W., F. T. P. & Triyanto, D., 2013. Aplikasi Jaringan Saraf Tiruan untuk memprediksi Penyakit Saluran Pernapasan dengan Metode Backpropagation. Jurnal Coding Sistem Komputer Untan, 1(1).

Rahmawati, A. N., 2018. Identifikasi Masalah yang Dihaapi Guru dalam Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di SD. Indonesian Journal of Primary Education, p. 119.

Rusman, 2015. Model-model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Press.

Sagi, W., 2017. Konsep Materi Dan Konsep Pembelajaran Teks Eksposisi Pada Kurikulum 2013 dan KTSP.. Jurnal Studi Komparasi.

Sasrawan, H., 2013. Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tandai Penghitung

 Lihat Statistik Saya