TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM IKLAN SHOPEE DI YOUTUBE

Sopiana Mita, Neneng Nurjanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bahasa yang digunakan dalam iklan Shopee di YouTube. Shopee merupakan salah satu platform belanja daring yang berbasis di Singapura. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis-jenis tindak tutur ilokusi, yaitu asertif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklaratif, yang terdapat dalam iklan Shopee di YouTube. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori Searle dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik simak dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga jenis tindak tutur: direktif (5 data), komisif (4 data), dan ekspresif (1 data). Tindak tutur direktif mencakup maksud memerintah (2 data), mengajak (2 data), dan meminta (1 data). Tindak tutur komisif mencakup maksud menawarkan (3 data) dan menjanjikan (2 data). Tindak tutur ekspresif mengandung maksud kegembiraan (1 data). Sementara itu, tindak tutur ilokusi asertif dan deklaratif tidak ditemukan dalam data iklan yang dianalisis.

Keywords


Pragmatik, Ilokusi, Iklan

Full Text:

PDF

References


Aini, Nur. (2021). Tindak Tutur Ilokusi Pada Iklan Matahari: Feel Good Ketika Kita Saling Melengkapi. Jurnal Hasta Wiyata. Vol. 6(1). 18-25.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak, 9.

Astawa, Yogi., dkk. (2017). Analisis Tindak Tutur Ekspresif Dalam Drama My Boss My Hero (Suatu kajian Pragmatik). Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang. Vol. 3(3), 396.

Irvan., dkk. (2022). Teknologi Pendidikan. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.

Kartika, D. (2017). Strategi Dan Modifikasi Kesantunan Tindak Tutur Memohon Oleh Mahasiswa Jepang Pada Program Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA). Jurnal Indonesian Language Education and Literature. Vol. 2(2), 137.

Nurjanah, N., & Pratiwi, R. A. (2019). Citra Perempuan Berhijab Dalam Iklan Shampo: Sebuah Kajian Pragmatik. Jurnal Pena Indonesia. Vol. 5(2), 76-85.

Sikana, Arina, M., & Rahmadani Linda, F. (2020). Tindak Tutur Ilokusi Pada Iklan Fair and Lovely di Televisi. Jurnal Imajeri. Vol. 3(1). 93-104.

Tuti, A. D., Fitriani, N., & Inderasari, E. (2020). Variasi dan Fungsi Ragam Bahasa Pada Iklan dan Slogan Situs Belanja Online Shopee. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 137-138.

Welliansyah, Romadoniyati., dkk. (2023). Tindak Tutur Ilokusi Pada Iklan Pinjaman Online Di Youtube: Pinjam Di Adakami Syaratnya Ribet Gak Sih?. Jurnal Didaktik. Vol. 9(2), 5151-5157.

Wijana, D, P. (1996). Dasar-Dasar Pragmatik. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta, 18.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tandai Penghitung

 Lihat Statistik Saya