PEMANFAATAN TEKNOLOGI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB GIMKIT SEBAGAI MEDIA INOVATIF DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
Penelitian ini mengevaluasi efektivitas Gimkit sebagai media pembelajaran berbasis web inovatif dala Pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan sumber data survey pada mahasiswa semester lima jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian ini berfokus pada respon siswa ketika menggunakan Gimkit dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP dan SMA serta menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengumpulkan data melalui Google Form yang disebarkan melalui sosial media kepada sumber data. Peneliti membuat materi, lalu memberikan penjelasan sekaligus contoh melalui google form, dan memberikan pertanyaan mengenai pendapat kepada sumber data terhadap pengaruh dan tingkat efektifitas media pembelajaran Gimkit pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam tingkat SMP dan SMA. Hasilnya, sebagian besar responden setuju bahwa Gimkit merupakan media pembelajaran yang inovatif, cocok diterapkan di sekolah, memudahkan pemahaman materi, dan meningkatkan minat belajar siswa. Meski Gimkit dinilai inovatif dan efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, namun tetap memiliki kekurangan seperti keterbatasan perangkat dan koneksi internet. Kesimpulan penelitian ini membuktikan bahwa Gimkit merupakan pilihan yang baik untuk pembelajaran Bahasa Indonesia dengan pendekatan gamifikasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Budiman, H. (2017). Penggunaan media visual dalam proses pembelajaran. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 171-182.
Faujiah, N., Septiani, S. N., & Putri, T. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Media. JUTKEL: Jurnal Telekomunikasi, Kendali Dan Listrik, 3(2), 81-87.
Mahmud, S. F., & Tamuri, A. H. Pendekatan Gamifikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam..
Muhammad, N. A. E. M. (2023). Penerapan gimkit sebagai alat evaluasi mandiri pembelajaran bahasa jerman siswa kelas xi sma negeri 8 malang/Nur Akbar Erwinsyah Muhammad (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Nurfadhillah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher)
Prihartono, A. W., & Sos, S. (2016). Surat kabar & konvergensi media (studi deskriptif kualitatif model konvergensi media pada Solopos). Jurnal Channel, 4(1), 105-106.
Rohimat, S., Solfarina, S., Samsiah, S., Ramdhani, F. I., Fitri, R., & Aliyah, N. (2023). Workshop Pengenalan Gimkit untuk Asesmen Formatif Mode Game Online. Jurnal Nusantara Berbakti, 1(4), 221-229.
Yaumi, M. (2018). Media dan teknologi pembelajaran. Prenada Media.
Yusuf, M. (2021). Pendidikan holistik menurut para ahli.
Refbacks
- There are currently no refbacks.