PELAFALAN BAHASA INDONESIA PADA MAHASISWA BIPA UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

Syifa Syauqiyah Annur, Dina Amalia

Abstract


Pengucapan atau pelafalan dengan artikulasi yang jelas dalam pembelajaran bahasa memiliki peran krusial dalam komunikasi yang efektif. Mahasiswa asing sering kali menghadapi tantangan dalam melafalkan atau memproduksi suara dari fonem bahasa yang mereka pelajari. Dalam konteks Pembelajaran bahasa kesalahan yang dilakukan dalam pelafalan akan mempengaruhi kejelasan serta makna yang akan disampaikan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan pelafalan vokal pada mahasiswa asing (Gambia) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian ini  menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan literature review yang berfungsi sebagai alat untuk menafsirkan dan mencapai kesimpulan. Metode yang digunakan adalah teknik wawancara dan simak libat cakap (SLC). Penelitian ini difokuskan pada pelafalan vokal mahasiswa asing (Gambia) berdasarkan pada alat ucap yang menghasilkan suara maupun dipengaruhi oleh bahasa asli penutur. Berbagai temuan didapatkan dalam penelitian ini, salah satunya adalah bentuk pengucapan fonem /r/ /c/ /a/ yang pengucapannya dilafalkan dengan bahasa asing (Inggris) akibat pengaruh bahasa asli penutur. Selain itu, terdapat fenomena pengurangan dalam pengucapan fonem /ŋ/ dalam satu kata.


Keywords


Bahasa, Komunikasi, Mahasiswa Asing, Pelafalan, Wawancara.

Full Text:

PDF

References


Adinda Novia Permatasari, T. D. (2022). Kesalahan Berbahasa Dalam Presentasi Sebagai Praktik Berbicara Mahasiswa Bipa Universitas Negeri Surabaya Tahun 2021. Bapala, 33-37.

Andriyana, H. H. (2022). Kesalahan fonologi mahasiswa Vietnam tingkat BIPA 1 dalam pelafalan fonem bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA), 120-121.

Arsyad, S. G. (2018). Kajian Teoritis Struktur Internal Bahasa (Fonologi, Morfologi, Sintaksis, dan Semantik). ‘A Jamiy,Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 3-5.

Ayu Patmawati, d. (2024). Analisis Kesulitan Pemelajar Pada Proses Pembelajaran BIPA Dalam Pembelajaran Secara Daring. Jurnal Riview Pendidikan dan Pengajaran , 7447.

Catharina Dian Ikawati Susilo, D. I. (2021). Pengucapan Teks Bahasa Indonesia . BASASTRA Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya , 13-15.

Christianti, M. (2015). Kajian Literatur Perkembangan Pengetahuan Fonetik Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 531.

Erowati, F. S. (2021). Tingkat Kemampuan Berbicara Pemelajar Bipa (Bahasa Indonesia Penutur Asing) Tingkat Pemula Menggunakan Tes Teks Deskripsi. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 22-23.

Gita Amelia, M. F. (2024). Pelafalan Kosa Kata Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing: (Pembelajar Thailand) Melalui Penerapan Direct Method. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 54.

Gotama, P. A. (2023). Srategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing . Jurnal Lampuhyang, 106.

Haeniah, N. (2022). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Kaitannya Dengan Pelafalan. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 191.

Hermawan Ardi Febrianto, E. A. (2022). Kendala Pelafalan Bahasa Indonesia Pada Penutur. Prosiding Semitra , 140.

Johan. (2016). Gangguan Pelafalan Fonem Terhadap Anak-Anak (Balita) Suatu Kajian: Neurolinguistik. Jurnal Basis UPB, 71.

Qalbi, U. N. (2022). Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Kesalahan (Aussprache) Fonem Bahasa Jerman Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Gowa. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2.

Rosiyana. (2020). Pengajaran Bahasa Dan Pemerolehan Bahasa Kedua Dalam. Jurnal Ilmiah Korpus, 375.

Suyitno, I. (2007). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan Belajar. WACANA, 63.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tandai Penghitung

 Lihat Statistik Saya