PENTINGNYA PROSES EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Khuzaemah Allaely

Abstract


Penelitian dalam artikel ini merupakan kajian teoritis tentang bagaimana dan apa pentingnya proses evaluasi dalam pembelajaran khususnya di sekolah menengah pertama. Evaluasi merupakan suatu kegiatan atau proses penting yang dilakukan oleh pendidik dalam suatu proses pembelajaran. Dengan adanya evaluasi, pendidik dapat mengetahui bagaimana peserta didik mampu mengikuti pembelajaran. Dan dengan adanya proses evaluasi dalam pembelajaran, pendidik juga dapat meningkatkan kompetensi dalam pengelolaan kelas, baik dari segi metode pembelajaran, materi dan media pembelajaran dan lain sebagainya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode studi pustaka atau yang biasa disebut studi kepustakaan yaitu serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Studi pustaka dapat dikatakan juga sebagai kegiatan untuk mengumpulkan informasi yang relevan terkait dengan topik atau masalah yang menjadi objek pembahasan. Penelitian menunjukkan bahwa yang berperan dalam pentingnya proses evaluasi tentunya selain pendidik dan peserta didik adalah alat evaluasi yaitu bentuk tes dan teknik evaluasi, prosedur evaluasi, serta fungsi dan tujuan evaluasi agar proses evaluasi tercapai sesuai dengan ketentuan dan keinginan.


Keywords


Proses evaluasi; pembelajaran; studi literatur; sekolah menengah pertama;

Full Text:

PDF

References


Abdorrakhman, G. (2008). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Buah Batu.

Ariyana A. (2019). Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 56-63.

Febriana, R. (2021). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Geatri, T. (2023). 25 Contoh soal dan Kunci Jawaban Masuk SMP Tahun Ajaran Baru 2023/2024.Soal Pilihan Ganda. Retrieved December, 2023, from tribunnews.com website https://manado.tribunnews.com/2023/06/23/25-contoh-soal-dan-kunci-jawaban-tes-masuk-smp-tahun-ajaran-baru-20232024-soal-pilihan-ganda?page=4

Hermawan, Adhi Oktavian. (2018). Pelaksanaan Evaluasi dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SekolahDasar Negeri Se-Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Huljannah, M. (2021). Pentingnya proses evaluasi dalam pembelajaran Di sekolah dasar. EDUCATOR: DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL, 2(2), 164-180.

Idrus, L. (2019). Evaluasi dalam proses pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9 (02), 920-935.

Julaeha, S., Maky, M., & Ruswandi, U. (2022). Desain, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran pada sekolah menengah. Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(2), 232-254.

Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2023). Pentingnya evaluasi dalam pembelajaran dan akibat memanipulasinya. Bintang, 2(2), 244-257.

Manik, S. R., & Pardomuan S. (2023). Pengunaan Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Sipoholon. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, (2)3, 11140-11146.

Muhainifah, Isni. (2017). Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran pada Kinerja Guru Penjasorkes Melalui Supervisi. Indonesian Journal on Education and Research, 2(4).

Nadjamuddin, Dewi Monalisa Kadir dan Asriyati. (2020). Penerapan Metode Example Non Example Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika. EDUCATOR : Directory of Elementary Education Journal, 1(2), 107–21.

Pamuji, A. R. & Dian, H. (2021). Model Pengembangan dan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesai di MTS Karangkajen. AoEJ: Academy of Education Journal, (12)1, 158-168.

Rukajat, Ajat. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Setiawan, M. dan Andi (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Uwais Inspirasi Indonesia.

Wandini, Annisa Sri, dan Fitriani Yustikasari Lubis. (2021). Pelaksanaan evaluasi pembelajaran secara daring pada belajar dari rumah (BDR) jenjang sekolah menengah pertama (SMP). Jurnal Basicedu 5(4), 1985-1997.

Zed, Mestika. (2018). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tandai Penghitung

 Lihat Statistik Saya