INTERFERENSI FONOLOGIS PEMELAJAR THAILAND DAN KAMBOJA DALAM PROGRAM BIPA DI UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

Abu Bakar Sabirin

Abstract


Dalam proses pembelajaran BIPA, sering ditemukan fenomena kesalahan berbahasa Indonesia, baik dalam tataran bunyi, kata, dan kalimat. Kesalahan berbahasa dalam tataran bunyi dikenal dengan interferensi fonologis, yaitu masuknya sistem bunyi bahasa ibu ke dalam bahasa kedua. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengukur kemampuan pemelajar asal Thailand dan Kamboja dalam proses belajar bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam analisis penelitian ini adalah kualitatif, Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua jenis interferensi fonologis yang dialami pemelajar asal Thailand dan Kamboja, yakni penguran dan pergantian fonem. Hambatan utama yang dialami para pemelajar yaitu tidak mampunya membunyikan fonem /r/.

Keywords


Interferensi; Fonologi; BIPA.

Full Text:

PDF

References


Amatullah, M.N., & Aziza, L.F. (2020). Interferensi Bahasa Indonesia dalam Bahasa Arab: Kasus Pada Kesalahan Berbahasa Siswa Kelas X MAN 1 Sragen. Jurnal Alsuniyat.

Andriani, A. (2018). Interferensi Bahasa Sunda Terhadap Bahasa Indonesia dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII. Jurnal Pujangga.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Jejak.

Berliana, Nova., dan Santoso, Wahyudi. J. (2024). Interferensi Fonologis Bahasa Prancis terhadap Bahasa Indonesia oleh Mahasiswa Sastra Prancis Universitas Negeri Semarang Berdasarkan Jenis Kelamin dan Tingkat Semester. Jurnal Innovative.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. (2004). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitri, D.A., Achmad, A.N.I., & Nurcholis. (2023). Penguasaan Kemampuan Speaking pada Mahasiswa Bahasa Inggris yang Akan PPL di Thailand Selatan. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran.

Jiuangga, V.V., & Nirmalasari, Y. (2022). Interferensi Bahasa Tiongkok dalam Bahasa Indonesia Lisan Pemelajar Tiongkok. Jurnal Klausa.

Lantika, D., & Cholsy, H. (2023). Interferensi Fonologis pada Tuturan Bahasa Indonesia Pemelajar BIPA dengan Bahasa Pertama Bahasa Perancis. JBIPA.

Latifah, L. N. (2017). Perwujudan Prinsip Kesantunan Leech dalam Kolom Komentar di Saluran Vlog Awkarin. Retrieved from Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung Repository: https://repository.upi.edu/33739/6/S_BSI_13021222_Chapter3.pdf

Latupeirissa, D.S. n.d. Interferensi Fonologis Bahasa Melayu Kupang terhadap Bahasa Indonesia dalam Peristiwa Tutur Masyarakat Melayu Kupang: Sebuah Kajian Deskriptif. 5. Artikel yang tidak dipublikasikan.

Nugraheni, Luthfa., dkk. (2024). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Indonesia. Jurnal Scienta.

Nurfitriani, S., & Putra, D.A.K. (2021). Interferensi Fonologis Bahasa Jepang terhadap Bahasa Indonesia pada Pemelajar BIPA di PT. Sakai Mulia Koken Indonesia. JBIPA.

Sari, Retma. (2020). Belajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula: Komunikasi Aktif. Magelang: Pustaka Rumah Cita.

Siagian, E. N. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa (Tulis) Mahasiswa BIPA Tingkat Lanjut Universitas Yale, USA. FKIP E-Proceeding, Jember.

Suandi, I. N. (2023). Keterampilan Menulis Kesalahan Berbahasa: Modal Menjadikan Guru Bahasa Indonesia sebagai Polisi Bahasa, Dokter Bahasa, dan Hakim Bahasa. Depok: Rajawali Pers.

Suhartina. (2023). Interferensi Bahasa: Pengaruh Bahasa Daerah dan Asing terhadap Bahasa Indonesia. Banjar: Ruang Karya.

Susilowati, D. (2017). Aktualisasi Interferensi Bahasa Daerah dalam Bertutur Kata dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Ilmiah Edunomika.

Syah, S.P., Setiadi, S., & Ansoriyah, S. (2023). Interferensi Fonologi Pemelajar India dalam Pembelajaran BIPA. JBIPA.

Wati, Setia. (2023). Interferensi Fonologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Peserta Didik Kelas X Agama MA Alkahiraat Pusat Palu. Retrieved from UIN Datokrama Repository: https://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/3369/1/SKRIPSI%20SETIA%20WATI.pdf

Tanwin, S. (2020). Pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) dalam Upaya Internasionalisasi Universitas di Indonesia pada Era Globalisasi. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP).

Ulfa, S.M., Basir, U.P.M., & Prihatin, Y. (2020). Faktor Penyebab Terjadinya Interferensi Bahasa Indonesia Tuturan Mahasiswa Thailand pada Pembelajaran PPL Dasar di Universitas Hasyim Asy’ari. Jurnal Disastri.

Wiajayanti, Y., & Siroj, M., B. (2020). Analisis Kesalahan Bahasa Tulis Pemelajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Level 2B Wisma Bahasa Yogyakarta. Jurnal Sastra Indonesia.

Yuliati, Ria., dan Unsiah, Frida., (2018). Fonologi. Malang: UB Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tandai Penghitung

 Lihat Statistik Saya