Penggunaan Media Edpuzzle Materi Teks Editorial pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UIN Jakarta

Laelatul Qodriah

Abstract


Media merupakan sarana dalam proses belajar mengajar. Pendidik dituntut untuk menjadi seorang yang kreatif, dan inovatif dalam merancang manajemen pembelajaran. Penggunaan media itu sendiri dapat mengolah pesan dan respons siswa sehingga media sering disebut media interaktif untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif, dan efisien. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mendeskripsikan isi penggunaan media Edpuzzle secara terperinci dan mendalam. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa, dan Sastra Indonesia UIN Jakarta. Kemudian, objek pada penelitian ini yaitu media Edpuzzle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana isi konten dari media Edpuzzle, pengalaman media Edpuzzle digunakan dalam pembelajaran teks editorial, dan hasil proses belajar menggunakan media Edpuzzle. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa media Edpuzzle menarik dapat dan dapat digunakan oleh pendidik juga mahasiswa. Adapun pengalaman mahasiswa Pendidikan Bahasa, dan Sastra Indonesia UIN Jakarta dalam menggunakan media Edfuzzle dengan video teks editorial dari YouTube di antaranya yaitu melatih kemampuan komunikasi, membantu memahami materi, membantu mahasiswa membuat bahan ajar, menjadikan pembelajaran yang interaktif, inovatif, dan menyenangkan.

Keywords


Pendidikan, Media Pembelajaran, Edpuzzle, Bahasa Indonesia.

Full Text:

PDF PDF

References


A.Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta. Rajawali Pers.

J. Simbolon, H. Haidir, dan I. Daulay. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 05 Medan. Kompetensi, 12(2), 2. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v12i2.25.

D. Annisa. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. J. Pendidik. dan Konseling, 4(1980), 2. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498.

H. Zaini. (2017). Teori Pembelajaran Bahasa Dan Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif. An Nabighoh J. Pendidik. dan Pembelajaran Bhs. Arab. 19(2), 194. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v19i2.999.

V. H. Sundi, T. Astari, H. Rosiyanti, dan A. Ramadhani. (2020). Efektivitas Penggunaan Edpuzzle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Masa Pandemi Covid-19. Semin. Nas. Pengabdi. Masy. LPPM UMJ, 2. https://doi.org/2714-6286.

U. H. Salsabila, M. N. Sofia, H. P. Seviarica, dan M. N. Hikmah. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Insa. J. Pemikir. Altern. Kependidikan, 25(2), 6. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221.

D. I. Afifah, M. Ulfah, dan Evi Nurhayati. (2023). Penggunaan Media Edpuzzle untuk Meningkatkan Aspek Kognitif Siswa SMA. J. Teach. Educ. 4(4), 1. doi: https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14790.

I. Gusti, A. Ngurah, T. Jayantika, N. Made, dan P. Andini. (2022). Emasains Jurnal Edukasi Matematika dan Sains 85 JEms Media Pembelajaran Berbasis Edpuzzle Pada Pembelajaran Matematika. J. Edukasi Mat. dan Sains. XI(2), 1. https://doi.org/10.5281/zenodo.7367399.

D. N. Kemalasari. (2022). Implementasi Media Edpuzzle Dengan Aplikasi Plotagon Dalam Pembelajaran Cerpen. J. Pendidik. dan Konseling. 4(2), 6940. doi: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7826.

M. R. Fadli. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika. 21(1), 35. https://doi:org/10.21831/hum.v21i1.38075.

A.Fitria. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Peroses Pembelajaran. Cakrawala Dini. 5(2), 60. doi: https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498.

S. Raudatus, M. Hady Al Asy Ary, Nurhasanah Silotomga, dan Siti Fauziah Rangkuty. (2022). Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal, dan Pendidikan Informal. PEMA: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian kepada Masyarakat. 2(2), 1. https://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/pema.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tandai Penghitung

 Lihat Statistik Saya