ROMANTISASI KOTA JOGJA DALAM LAGU SESUATU DI JOGJA KARYA ADHITIA SOFYAN DENGAN PUISI JOGJA YANG ISTIMEWA KARYA AHMAD ZUBEIR RANGKUTI

Riski Nur Sarifah

Abstract


Puisi merupakan salah satu dari berbagai macam jenis karya sastra dan lagu merupakan karya sastra yang istimewa karena dari tempo lagu dapat menunjukan setiap kedalaman makna yang terkandung di dalamnya. Isu percintaan menjadi tema yang menarik untuk dituangkan menjadi puisi atau lagu oleh pencipta, karena romantisasi dan kegelisahan percintaan merupakan tema yang mudah diterima oleh masyarakat. Romantisasi kota juga sering menjadi hal menarik untuk dijadikan karya sastra. Salah satunya adalah kota Yogyakarta karena selain kuliner dan destinasi wisata, kota Jogja sering digadang-gadang menjadi kota yang memiliki sisi romantis. Romantisme diartikan sebagai genre sastra yang berisi kisah asmara yang mengandung unsur keindahan serta mengandung kata-kata yang membangkitkan perasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk romantisme kota Jogja. Menggunakan metode deskriptif kualitatif menyimak, memahami, menata, mengklasifikasikan, menghubungkan antar kategori, dan menginterpretasikan data berdasarkan konteksnya. Data yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk teks atau dokumen tertulis. Hasil penelitian menunjukan persamaan tema dari Lagu Sesuatu di Jogja Karya Adhitia Sofyan dan Puisi Jogja yang Istimewa Karya Ahmad Zubeir Rangkuti yang membahas tentang kerinduan terhadap romantisme Kota Jogja dan kenangan yang istimewa. Perbedaan dari kedua karya tersebut tentang jawaban dari pertanyaan keduanya tentang mengapa Kota Jogja menjadi kota yang istimewa.


Keywords


Romantisasi Kota, Sastra Bandingan, Yogyakarta, Jogja, Sesuatu di Jogja

Full Text:

PDF

References


Bulelengspot.com. https://buleleng.pikiran-rakyat.com/musik/pr-2013723729/lirik-lagu-sesuatu-di-jogja-adhitia-sofyan (diakses pada 14 Desember 2022).

Efsa, N. W. Manifestasi Ideologi Romantik dalam Puisi-Puisi Acep Zamzam Noor. LITERA. 2015.

Fahrizal, Lalu Muhamad Rusdi. Kajian Intertekstualisasi Syair Puisi 'I'tiraf Karya Abu Nawas dengan Lagu Andai Ku Tahu Karya Ungu Band. Jurnal Al-Fathin Vol.5. 2022.

Faruk. Pengantar Sosiologi Sastra: dari Strukturalisme Genetik sampai Post-Modernisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2013. Hlm. 77.

Fitrianingsih, Endah dan Kahfie Nazaruddin. Romantisme pada Novel Soekarno Kuantar ke Gerbang Karya Ramadhan K.H dan Implikasinya. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya). 2017.

Irwan M, Aiyub B. Kajian Intertektualisasi Puisi Nazik al- Malaikah Ana dan Chairil Anwar Aku. Volume 1. No 2. 2021. Hlm. 23.

Kompas.com. https://entertainment.kompas.com/read/2017/11/27/162652210/sekarang-adhitia-sofyan-punya-sesuatu-di-jogja (diakses pada 14 Desember 2022).

Nazriani. Kajian Sosiologi Sastra dalam Puisi Kandai Karya Deasy Tirayoh. 2020.

Nurgiyantoro. Teori Pengkajian Fiksi.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. 2012. Hlm 76.

Ratna, Nyoman Kutha. Paradigma Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2004. Hlm. 399.

Santosa, R. Metode Penelitian Kualitatif Kebahasaan. Surakarta: UNS press. 2017. Hlm. 63

Suaka, Nyoman. Analisis Sastra: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ombak Dua. 2014. Hlm. 34.

Susanto, Dwi. Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: PT Buku Seru. 2012. Hlm. 232.

Suwardi, Endraswara. Metodelogi Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS. 2017, hlm. 18.

Winarni, Retno. Kajian Sastra. Salatiga: Widya Sari Press. 2009. Hlm. 164.


Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tandai Penghitung

 Lihat Statistik Saya