REPRESENTASI GHOSTING RELATIONSHIP DALAM NOVEL KALAU TAK UNTUNG KARYA SELASIH

Kurnia Dhafandy Ramadhan, Haikal Gibran, Nurul Fauziyah

Abstract


Kata Kunci: Ghosting Relationship, Kalau Tak Untung, Selasih, Sosiologi Sastra Seringkali romantisme dipandang sebagai bentuk kebutuhan sekunder bagi segelintir kelompok dalam masyarakat, di mana setiap orang ingin mendapatkan perlakuan kasih sayang dari pasangan dalam sebuah hubungan percintaan. Namun, problematika di lapangan menunjukkan hal yang berbanding terbalik dengan angan dan harapan tersebut, nyatanya sebagian orang lainnya memandang romantisme sebagai momok yang menakutkan. Sama halnya seperti konsep ghosting relationship yang sedang marak diperbincangkan dan bahkan dialami oleh kaula muda Indonesia. Dari narasi tersebut, novel Kalau Tak Untuk karya Selasih, sedikit banyak berhubungan dengan situasi dan kondisi yang dijabarkan. Penulis akan melakukan analisa dengan memanfaatkan pendekatan sosiologi sastra dan teori ghosting relationship yang diperoleh dari beberapa sumber dan referensi terkait, serta dikaji melalui metode kualitatif deskriptif sebagai penunjangnya.

Keywords


Ghosting Relationship, Kalau Tak Untung, Selasih, Sosiologi Sastra

Full Text:

PDF

References


Desetyawan, A. (2018). Analisis Tokoh dan Penokohan Novel Positif Karya Maria Silvi dan Rencana Pembelajarannya dengan Pendekatan Kontekstual di SMA Kelas XI Semester I [Universitas Sanata Dharma]. https://repository.usd.ac.id/17865/

Erowati, Rosida, and Ahmad Bahtiar. 2011. Sejarah Sastra Indonesia. pertama. Ciputat: Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Faruk. 2017. Sosiologi Sastra. Keenam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Freedman, Gili, Darcey N. Poweel, Benjamin Le, and Kipling D. Wlliams. 2018. “Ghosting and Destiny: Implicit Theories of Relationships Predict Beliefs about Ghosting.” Sage Journals 36(3).

Mujiningsih, Erlis Nur. 1995. Biografi Selasih Dan Karyanya. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Navarro, Raul, Elisa Larrañaga, Santiago Yubero, and Beatriz Víllora. 2020. “Individual, Interpersonal and Relationship Factors Associated with Ghosting Intention and Behaviors in Adult Relationships: Examining the Associations over and above Being a Recipient of Ghosting.” Science Direct, 57. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0736585320301726

Pradopo, Rachmat Djoko. 2018. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, Dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Praptiningsih, Nuki Agustin. 2001. “Tokoh Dan Penokohan Dalam Roman Kalau Tak Untung.” Universitas Jember.

Prihantini, Ainia. 2015. Master Bahasa Indonesia. Pertama. Yogyakarta: B First. Selasih. 2011. Kalau Tak Untung. Cetakan 27. edited by T. E. B. Pustaka. Jakarta Timur: PT Temprina Media Grafika.

Teeuw, A. 2013. Sastra Dan Ilmu Sastra. Bandung: Dunia pustaka jaya.

Wellek, Rene, and Austin Warren. 2016. Teori Kesusastraan. keenam. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Widyaningrum, Analisa. 2021. “Tips Bangkit Jika Kamu Korban Ghosting.” https://youtu.be/Y4A9hLv-MH0


Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tandai Penghitung

 Lihat Statistik Saya