KRITIK SOSIAL DALAM LIRIK LAGU BALADA PENGANGGURAN KARYA IWAN FALS DAN PUISI KECOA PEMBANGUNAN KARYA W.S RENDRA

Setiaji Alfikal Mulki, Naswah Mirzanty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kritik sosial dan perbandingan kritik sosial yang terdapat dalam lirik lagu Balada Pengangguran karya Iwan Fals dan puisi Kecoa Pembangunan karya W.S Rendra. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori genetik struktural, yang mengkaji suatu karya sastra dalam kaitannya dengan dunia kelompok sosial pengarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode deskriptif kualitatif adalah pemecahan masalah dengan menggambarkan keadaan objek atau subjek yang sedang diteliti. Sumber data yang digunakan penulis adalah Lirik lagu Balada Pengangguran Karya Iwan Fals dan puisi Kecoa Pembangunan karya W.S Rendra. Dalam pengumpulan data peneliti terlebih dahulu mengumpulkan bahan penelitian, dengan membaca serta memahami isi dari Puisi Kecoa Pembangunan karya W.S Rendra dan mendengarkan lagu Balada Pengangguran karya Iwan Fals. kemudian menyusun aspek-aspek yang mengandung unsur kritik sosial didalamnya.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa lirik lagu Balada Pengangguran dan puisi Kecoa Pembangunan memiliki persamaan dan perbedaan masing-masing dalam menanggapi sistem pemerintahan pada masa orde baru.

Keywords


Kritik Sosial; Lirik lagu; Puisi

Full Text:

PDF

References


Berpengaruh, S. S. T. Y. P. (1980). A. Buku, Jurnal, Skripsi, Tesis. Jurnal Calls, 1(2), 56-67.

Damono, Sapardi Djoko. (2005). Pegangan Penelitian Sastra Bandingan. Jakarta: Pusat

Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Fernando, R., Hasanuddin, W. S., & Hayati, Y. (2018). Kritik Sosial Perang Dalam Lirik Lagu Iwan Fals Dan Bob Dylan. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 5(2): 1-15.

Fernando, R., Hasanuddin, W. S., & Hayati, Y. (2018). Kritik Sosial Perang Dalam Lirik LaguIwan Fals Dan Bob Dylan. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 5(2): 15-29.

Fransori, A. (2017). Analisis stilistika pada puisi kepada peminta-minta karya chairil anwar. Deiksis, 9(01).

Kurniawan, D. (2012). Kritik Sosial terhadap Perang dalam Lirik Lagu Byob dan War? Karya System Of A Down. LANTERN (Journal on English Language, Culture and Literature), 1(2).

Kusnadi, K., & Andriani, A. (2020). Analsis Struktural Unsur Intrinsik Pada Puisi Pesanku Dan Pesan Prajurit Karya Asmara Hadi Dan Trisno Sumardjo. Journal Peqguruang, 2(2): 67.

Mualim, F., & Erowati, R. (2015). Perbandingan Gaya Bahasa Pada Puisi Ibu Karya Mustofa Bisri Dengan Lirik Lagu Keramat Karya Rhoma Irama. Dialektika, 2(2): 185.

Muntazir, M. (2017). Struktur Fisik dan Struktur Batin Pada Puisi Tuhan, Aku Cinta Padamu Karya WS Rendra. Jurnal Pesona, 3(2): 213.

Pratiwi, D. A., Safitri, I., & Farika, L. (2019). Kritik sosial dalam kumpulan puisi ws rendra: kehidupan masyarakat di indonesia. Cakrawala Linguista, 1(2): 60-75.

Purnama, A. N. 2016. Tema Eksistensialisme dalam lagu-lagu Iwan Fals.

Rini, A. (2021). Fungsi Bahasa Menurut Leech Pada Puisi Kecoa Pembangunan Karya W.S Rendra: Implementasi Pengajaran Sastra Di MTS [The function of language according to Leech in the poem'Kecoa Pembangunan'by WS Rendra: The Implementation of Literature Teaching at MTs]. Totobuang, 9(1): 103.

Salamah, U., & Rokhyanto, R. (2020). Interogasi W.S Rendra Terhadap Pembangunan Industri Era Pemerintah Orde Baru: Kajian Transdisipliner. Diksi, 28(2): 135.

Winarti, D. (2010). Lirik Lagu Dolanan Sebagai Salah Satu Bentuk Komunikasi Berbahasa Jawa: Analisis Fungsi. Widyaparwa, 38(1): 1-15.

Wiyatmi, S. S. (2013). Teori dan Kajian Terhadap Sastra Indonesia. Yogyakarta: Kanwa Publisher.

Yotolembah, A. N. I. G., & Ruslan, H. (2022). Citraan dalam Puisi Nyanyian Angsa Karya WS Rendra (Kajian Hermeneutik). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 8(2): 680.


Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tandai Penghitung

 Lihat Statistik Saya