PENGARUH GAME ONLINE BABYBUS TERHADAP PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK USIA 5 TAHUN

Maulida Meisya Rinjani, Sulvia Aisyah Amimi, Dona Aji Karunia

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud pemerolehan bahasa pada usia 5 tahun akibat pengaruh game online Babybus. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini berupa 4 peristiwa tuturan yakni, pada peristiwa tuturan pertama dan kedua terdapat pemerolehan kalimat yang termasuk dalam frasa nomina, persitiwa tuturan ketiga terdapat pemerolehan kata yang termasuk dalam frasa adjektiva dan frasa nomina, dan persitiwa tuturan keempat terdapat pemerolehan kata yang termasuk dalam frasa adjektiva. Dalam penelitian ini menggunakan teknik simak catat dan wawancara.

ABSTRACT

This study aims to describe the form of language acquisition at the age of 5 years due to the influence of the Babybus online game. The method used in this study is a descriptive method through a qualitative approach. The results of this study are in the form of 4 speech events namely, in the first and second speech events there is the acquisition of sentences that are included in noun phrases, in the third speech events there are acquisition of words that are included in Adjective Phrases and Noun Phrases, in the fourth and third speech events there are acquisition of words that are included in in Adjective Phrases. In this study using note-taking and interview techniques.


Keywords


anak; game online; pemerolehan bahasa; children; online games; language acquisition.

Full Text:

PDF

References


Fakhriyah, Farah Nur. (2020). “Media YouTube sebagai Sarana Pemerolehan Bahasa B2

Anak Usia 3-5 Tahun (Studi Kasus Dua Orang Anak).” Jurnal Kadera Bahasa 12(1).

Firdaus, Y., Y. Pebrianti, and T. Andayani. (2018). “Pengaruh Kecanduan Game Online

terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Pengguna Game Online.” Jurnal Riset Terapan

Akuntansi 2(2).

Hanna, Aris Badar. (2020). “Pemerolehan Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa Berbasis

R&D”. Kendari: Universitas Halu Oleo Press Kampus Hijau Bumi Triperdana.

Iswanti, Sudarmini. (2019). “Frasa Adjektiva dalam Rubrik Opini Surat Kabar Harian dan

Kedaulatan Rakyat Edisi Oktober 2017 dan Kaitannya dengan Pembelajaran Teks

Deskripsi Kelas VII.” Jurnal Genre 1(1).

Jekawati, Hamida. (2019). “Pemerolehan Bahasa Anak Usia 4–5 Tahun melalui

Smartphone Berbasis Android.” Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa dan

Sastra Indonesia 3(2).

Kustiawan, A. A., and Utomo AWB. (2019). Jangan Suka Game Online: Pengaruh Game

Online dan Tindakan Pencegahan. CV. Magetan, Jawa Timur: AE Media Grafika.

Manik, A. A. R. B., J. F. Purba, and I. S. Sianturi. (2020). “Pemorelahan Bahasa pada

Anak Usia 5 Tahun: Kajian Psikolinguistik.” Jurnal Sasindo (Program Studi Sastra

Indonesia FBS Unimed), 9(2).

Murdyanti, Nurma. (2021). Kajian Frasa Nomina Beratribut pada Teks Terjemahan AlQuran Surat Al-Ahzab. Universtas Muhammadiyah Surakarta.

Nazir, Moh, and Moh. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Risma, Tiyasti Ningrum, and Purwo Yudi Utomo Asep. (2021). “Analisis Frasa Nominal

Subordinatif pada Teks Berita Suara.Com ‘Tak Semuanya Sehat, Sayuran Jenis Ini

Justru Picu Tekanan Darah Tinggi.’” Jurnal Ilmu Kebahasaan dan Kesehatan.

Rodhiyatullahmi, R., S. Makmun, and B. Muslim. (2022). “Peran Gawai terhadap

Pemerolehan Bahasa Anak Usia 7—12 Tahun di Desa Ombe Baru Kecamatan Kediri

Kabupaten Lombok Barat.” Jurnal Ilmiah Telaah, 7(1).

Setyadi, Ary. (2017). “Unsur Tambahan dalam Frase Adjektiva.” Jurnal Nusa 14(4).

Sulastri, Eko Evi. (2022). “Pemerolehan Bahasa Anak Usia 5 Tahun pada Tataran

Fonetik: Kajian Psikolinguistik.” Jurnal Palgunadi, 1(1).


Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tandai Penghitung

 Lihat Statistik Saya