Arabic Teaching and Learning in Matriculation Program for Al-Azhar Student’s Candidate
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainin, M. (2007). Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Malang: Hilal Pustaka.
Arsyad, A. (2003). Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arsyad, A. (2010). Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya: Beberapa Pokok Pikiran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Asse, A. (2014). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab di Insutut Agama Islam Negeri Palu. Istiqra: Jurnal Penelitian Ilmiah, 2(2).
Azkia, N. (2020). Analisis Metode Montessori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah SD/MI. Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1).
Benkharafa, Mustapha. (2013). The Present Situation of the Arabic Language and the Arab World Commitment to Arabization. Theory and Practice in Language Studies, 3(2).
Dafah, Bulqasim. (2012). al-Lughah Al-Arabiyah wa Al-Tahaddiyat fi ‘Ashr al-‘Awlamah. Majallah al-Makhbar, 8(1).
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1993). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Efendi, M.A. (2021). Ini Langkah-langkah Kemenag dalam Penguatan Moderasi Beragama. http://www.kemenag.go.id
Faraj, Mahmud ‘Abduh Ahmad. (2013). Tajribah Al-Azhar fi Ta‘lim Al-Lughah Al-‘Arabiyah li Al-Natiqin bi Ghairiha. diakses pada Oktober 2022. http://azhar-ali.com/
al-Fawzan, Abd Al-Rahman. (1425 H). Durus Al-Dawrat Al-Tadribiyah li-Mu’allimi Al-Lugah al-’Arabiyah li-Ghayr Al-Natiqin Biha Al-Janib Al-Nazhari. Muassasah Al-Waqf Al-Islami.
Gagne, R.M & Briggs, L. (1979). Principle of Instructional Design. Holt Rinehart and Winston.
Ibnu Jinni. (2007). AL-Khashaish (1st ed.). n.p.: Dar al-Hadits.
Fuad, A. Z. (2015). Problematika Pembelajaran bahasa Arab di Indonesia. Edu-Kata, 2(2).
Ghufron, Z. (2019). Bahasa dan Identitas Sosial. Banten: Penerbit 3M Media Karya.
Istiningsih. (2016). Character Education of the Most Developed Countries in ASEAN. Journal of Education and E-Learning Research, 3(1).
Kamil, Sukron. (2012). Teori Kritik Sastra Arab Klasik dan Modern. Jakarta: Rajawali Press.
Khathir, M. R. (1983). Thuruq Tadris al-Lughah al-Arabiyah wa al-Tarbiyah al-Diniyah fi Dhau’i Al-Ittijahaat Al-Tarbawiyah Al-Haditsah. n.p.: Dar Al-Ma’arif.
Lubis, L., Siregar, I., Rohman, N., & Damanik, M. H. (2022). Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Arab sebagai Penunjang Persiapan Calon Mahasiswa Baru Al-Azhar Mesir: Studi Kasus pada Markaz Syaikh Zayed Cabang Indonesia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1).
Manshur, A. M. S. A. (1982). Ilmu Al-Lughah Al-Nafsi. Riyadh: Jami’ah Al-Mulk Su’ud.
Muradi, A. (2013). Tujuan Pembelajaran Bahasa Asing (Arab) di Indonesia. Al-Maqoyis, 1(1).
Nisa’, R. V. (2017). Peranan Madrasah Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Internasional. Jurnal An Nabighoh, 19(2).
Nurdianto, T., & Ismail, N. A. bin. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Common European Framework Of Reference For Language (CEFR) di Indonesia. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(1).
Paulston, C. (1986). Linguistic Consequences of Ethnicity and Nationality. College-Hills Press.
al-Qausi, Muhammad Abdul Fadhil, Al-Azhar Wa Wasatiyah Al-Islam. http://www.zanayan.org/to_print.php?id=1177§ion=7
Razaq, R. (2017). Peran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Internasional. Seminar Internasional Peranan Bahasa Arab di Era Globalisasi.
Rosyidi, A. W. (2014). Peningkatan Kualitas Pengajar Bahasa Arab Sebagai Upaya Meningkatkan Standar Mutu Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 2(3).
Saat, Norshahril., & Zait, Nur Diyana. (2019). Al-Azhar University and The Strengths of Informal Learning on Singapore Graduates. Singapore: ISEAS.
Sodikin, S., & Gumiandari, S. (2021). Analisis SWOT Mutu Evaluasi Pembelajaran. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 6(1).
Thu’aimah, R. A., & al-Naqah, M. K. (2006). Ta’lim al-Lugah: Ittishaliyan Baina al-Manahij wa al-Istiratijiyat. Rabath: ISESCO.
Wahab, M. A. (2007). Tantangan dan Prospek Pendidikan Bahasa Arab di Indonesia. Afaq ‘Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1).
Wijaya, M. (2017). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab: SInergi Teori dan Praktek. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1).
DOI: https://doi.org/10.15408/a.v10i1.31869 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
© Copyright CC BY-SA Arabiyat, p-ISSN: 2356-153X, e-ISSN: 2442-9473 |