ACQUISITION OF ARABIC AS A SECOND LANGUAGE IN EARLY CHILDREN IN ISLAMIC KINDERGARTEN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiana and Syamsul Sodiq. Psikolinguistik. Jakarta: Universitas Terbuka, 2002.
Bahri, Husnul. “Strategi Komunikasi Terhadap Anak Usia Dini”, Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan, Vol. XI, No. 1, 2018.
Chaer, Abdul. Psikolinguistik: Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Chemae, Sitihaya. “Peran Guru Dalam Mengembangkan Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini di TK Hadhanah Nahdhah Shampan Wiyata Becoh Irong Narathwat Thailand”, Thesis, Universitas Raden Intan Lampung, 2018.
Crain and Lilo-Martin. An Introduction to Linguistic Theory and Language Acquisition. Malden: Blackwell Publishing, 1999.
Creswell, John., and J. David Creswell. Research Design Qualitatitive, Quantitative and Mixed Methods Appoarches. London : SAGE, 2018.
Einstein, A., B. Podolsky, and N. Rosen, Can quantum-mechanical description of physical reality be considered complete?. Phys. Rev. 47, 1935.
Fajriyani, Nur Annisa. “Pemerolehan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua Bagi Para Siswa di Ma’had al-‘Asyry an-Najah Kalimanta Selatan”, Thesis, UIN Antasari Banjarmasin, 2021.
Farida, Lutfi Ulfah. “Pengenalan Bahasa Untuk Anak Usia Dini”, Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, Malang, 2017.
Fatmawati, Suci Rani. “Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Menurut Tinjauan Psikolinguistik”, Jurnal Lentera, Vol. XVII, No. 1, 2015.
Fauziyah, Reni., et al. “Kolerasi Tsiqah Tahfidz al-Qur’an dengan Maharoh al-Lughah al-Arabiyah Mustawa Tsalis Ma’had az-Zubair Bin Awwam”, El-Tsaqofa: Jurnal Jurusan PBA, Vol. 19, No.1, 2020.
Hamid, Abdul. Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan Metode, Strategi, Materi dan Media. Malang: UIN Press, 2008.
Hermoyo, Panji. “Bentuk Komunikasi yang Efektif Pada Masa Perkembangan Anak Usia Dini”, Jurnal Pedagogi, Vol. 1, No. 1, 2015.
Hidayah, Nurul. “Peluang dan Tantangan Pemerolehan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Kajian Psikolinguistik Pada Pembelajaran Bahasa Arab)”, Taqdir: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, Vol. 5, No. 2, 2019.
Jonshon, Burke., dan Larry Chistensen. Educational Research Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. America : SAG, 2014.
Lawrence, Neuman W. Social Research Methods: Qualitatitve, Quantitative Appoarches. Edinburgh: Pearson Education, 2014.
M. Braidi, Susan. The Acquisition of Second – Language Syntax. London and : Oxford University Press, 2016.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002.
Nasihah, Shohifatun. “Peningkatan Hafalan Surah al-Kafirun Melalui Metode Gerak Kinestetik di PAUD Berbasis Aqidah Islam (BAI) Khoiru Ummah Meteseh Kec. Tembalang Semarang Tahun 2018”, Thesis, IAIN Salatiga, 2018.
Putri, Wakhidati Nurrohmah. “Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah”, Lisania : Journal of Arabic Education and Literature, Vol. 1, No. 1, 2017.
Rahmawati, Dina Nuzulul. “Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surat-surat Pendek Melalui Metode Kinestetik Anak Kelompok B TKIT Nurul Islam Pelem Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun 2018”, SELING: Jurnal Program Studi PGRA, Vol. 4, No. 1, 2018.
Rochmah, Siti Miftachur “Studi Kolerasi Antara Kemampuan Baca Tulis al-Qur’an dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab (Studi Kasus Kelas VII A MTs Salafiyah Kalangbundo Ngaringan Grobongan Tahun 2017/2018)”, Thesis, Universitas Wahid Hasyim, 2017.
Roesli, Mohammad., Ahmad Syafi’i, and Aina Amalia. “Kajian Islam Tentang Pastisipasi Orang Tua Dalam Mendidik Anak”, Jurnal Pendidikan Komunikasi dan Pemikiran Hukum”, Vol. 9, No. 2, 2018.
Saffran, Jenny R., Ann Senghas, and Jonh Truswell. “The Acquisition of Language by Children”, PNAS, Vol. 98, No. 23, 2001.
Salamah, Umi. “Pengajaran Menggunakan Metode Kaisa Dalam Menghafal al-Qur’an Pada Anak”, Ta’imuna: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7, No. 2, 2018.
Slama, Cazacu Tatlana. Introducation to Psycholinguistics. Paris: Mouton, 1973.
Suardi, Indah Permatasari. “Pemerolehan Bahasa Pertama Pada Anak Usia Dini”, Thesis, Universitas Negeri Padang, 2019.
Sundari, Hana. “Model-Model Pembelajaran dan Pemerolehan Bahasa Kedua atau Bahasa Asing”, Jurnal Bahasa dan Sastra, Vol. 1, No. 2, 2015.
Swastyastu, Luh Tri Jayanti. “Manfaat Media Pembelajaran Dalam Pemerolehan Bahasa Kedua Anak Usia Dini”, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5, No. 1, 2020.
Syamsiyah, Dailatus. “Analisis Deskriptif Teori Pemerolehan Bahasa Kedua”, Al-Manar Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, Vol. 6, No. 2, 2017.
Taylor, Steven J., Robert Borgan, dan Marjorie L. Devault. Introduction to Qualitative Research Methods a Guidebook and Research. Canada: Library of Congress Cataloging, 2016.
Yuniarti. “Hubungan Menghafal al-Qur’an dengan Kemampuan Bahasa Arab di Pesantren Dempo Darul Muttaqin”, Al-Fathin : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, Vol. 3, No. 2, 2021.
Zubaidah. “The Effectiveness of the Learning Classes Categorization Based on Students’ Educational Background in Mastering Arabic”, Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaan, Vol. 7 No.2, 2020.
Zubaidillah, Muh. Haris. “Hubungan Kemampuan Bahasa Arab dengan Prestasi Hafalan al-Qur’an Siswa”, Mi’yar : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, Vol. 3, No. 2, 2018.
Zulfa, Anindza Aslakha. Metode Pembelajaran Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini di TPA (Taman Penitipan Anak) Ar-Reefart Islamic School Purwekerto. Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, 2015.
DOI: https://doi.org/10.15408/a.v8i2.20595 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
© Copyright CC BY-SA Arabiyat, p-ISSN: 2356-153X, e-ISSN: 2442-9473 |