NON-NATIVE ARABIC LANGUAGE TEACHER: LOW TEACHER’S PROFESSIONAL COMPETENCE LOW QUALITY OUTCOMES?
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Maman., et.al. “Tantangan Guru Bahasa Arab Madrasah Aliyah dalam Perspektif Kompetensi Pedagogik dan Profesional”, Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, Vol. 2, No. 1, 2015.
Asmarani, Nur’aeni. “Peningkatan Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Dasar”, Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. 2, No. 1, 2014.
Boyatzis, R. E. “Competency in the 21st Century”, International Journal of Management Development, Vol. 27, No. 1, 2008.
al-Bukhari, Abdullah Muhammad bin Ismail. Shahih al-Bukhari, Cet. 1. Riyadh: Dar ‘Alimi al-kutub, 1996.
Daharti., et.al. “Strategi Peningkatan Kompetensi Guru dengan Pendekatan Analysis Hierarchy Process”, JEJAK journal of economic and Policy, Vol. 6, No. 1, 2013.
Darmadi, Hamid. “Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional”, Jurnal Edukasi, Vol. 13, No. 2, 2015.
Herlianto., et.al. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kearsipan SMK Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Ciamis”, Manajerial, Vol. 3, No. 4, 2018.
Herppich, Stephanie. “Teachers' assessment competence: Integrating knowledge-, process-, and product-oriented approaches into a competence-oriented conceptual model”, Teaching and Teacher education, Vol. 76, 2018.
Kasmawati. “Pengaruh Guru Profesional Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada SMPN 1 Bontoramba Kabupaten Jeneponto”, Auladuna, Vol. 2, No. 1, 2015.
Masoka, M., et.al. “Studi Eksplorasi Kualifikasi dan Kompetensi Guru Bidang Studi Biologi SMP-SMA Sebagai Basis Program Peningkatan Kualitas Pendidikan”, Jurnal Pendidikan, Vol. 2, No. 4, 2017.
Maswani., & Wati Susiawati. “Kompetensi Profesional Guru Bahasa Arab Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Jakarta”, Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, Vol. 4, No. 2, 2017.
Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.
Mudlofir, Ali. Pendidik Profesional: Konsep, Strategi, dan Apllikasinya dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia, Cet. I. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.
Mulyasa, E. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Cet. IV. Bandung: Remaja Rosdakarya: 2009.
Munirah. “Sistem Pendidikan di Indonesia: antara keinginan dan realita”, Auladuna, Vol. 2, No. 2, 2015.
Naim, Ngainun. Menjadi Guru Inspiratif, Cet. IV. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
Nousiainen., et.al. “Teacher Competencies in Game-based Pedagogy”, Teaching and Teacher Education, Vol. 74, 2018.
Novauli, M Feralys. “Kompetensi Guru dalam Peningkatan Prestasi Belajar pada SMP Negeri dalam Kota Banda Aceh”, Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. 3, No. 1, 2015.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Rusydie, Salman. Tuntunan Menjadi Guru Favorit, Cet. I. Jakarta: Flash Book, 2012.
Sagala. S. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta, 2009.
Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2015.
Sauri, Sofyan. Membangun Profesionalisme Guru Berbasis Nilai Bahasa Santun, Bagi Pembinaan Kepribadian Bangsa yang Bijak. Bandung: UPI, 2009.
Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, V. 12. Jakarta: Lentera Hati, 2002.
Sumiati & Asra. Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima, 2007.
Suyanto & A. Djihad. Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional, Cet II. Yogyakarta: Multi Pressindo, 2013.
Usman, M Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016.
Vagi, Robert., et.al. “Dynamics of Preservice Teacher Quality”, Teaching and Teacher Education, Vol. 85, 2019.
Ye, W., & W. Law. “Pre-service Teachers' Perceptions of Teacher Morality in China”, Teaching and Teacher Education, Vol. 86, 2019.
DOI: https://doi.org/10.15408/a.v7i1.12722 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
© Copyright CC BY-SA Arabiyat, p-ISSN: 2356-153X, e-ISSN: 2442-9473 |