PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA
Abstract
Abstract
The point of this quasi experimental research was to find out the influence of inquiry learning models towards students mathematical representation abilities. The population was all students grade VIII of Junior High School State 5 Bandar Lampung in the academic year 2023/2024, which consisted of 323 students and were distributed into elevan classes. The sample in this study consisted of 28 students from class VIII-8 and 28 students from class VIII-9, who were selected using purposive sampling technique. The design was pretest posttest control group design. The data in this study were quantitative data obtained from tests on students' mathematical representation abilities. The data analysis technique included analyzing prerequisites and hypotheses using Independent Sample T-Test (t-test). The research findings indicated that the average score improvement (gain) of students' mathematical representation abilities who followed the guided inquiry learning model was higher than the average score improvement (gain) of students' mathematical representation abilities who followed conventional learning. Therefore, the use of guided inquiry learning model influenced students' mathematical representation abilities. The inqury learning model should have been considered by teachers in the learning process to enhance students' mathematical representation abilities.
Abstrak
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak 323 siswa yang terdistribusi ke dalam 11 kelas yaitu kelas VIII-1 sampai VIII-11. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-8 terdiri dari 28 siswa dan VIII-9 terdiri dari 28 siswa yang terpilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan representasi matematis siswa. Teknik analisis data meliputi analisis uji prasyarat dan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor peningkatan (gain) kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran penemuan terbimbing lebih tinggi daripada rata-rata skor peningkatan (gain) kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran penemuan terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Model pembelajaran penemuan terbimbing hendaknya dijadikan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran oleh guru untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.
Keywords
References
Abd. Rahman, Bunyamin Maftuh, & Elly Mulihah. (2020). Pendidikan Resoulsi Konflik Melalui Model Pembelajaran Dicovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Buana Ilmu, 5(1), 47–62. https://doi.org/10.36805/bi.v5i1.1214
Agusriyalni, Z., Idrus, I., & Yennita, Y. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Pada Materi Sistem Koordinasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(1), 31–39. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.1.31-39
Annajmi, & Afri, L. E. (2019). Pengaruh Penggunaan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Metode Penemuan Terbimbing terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 95–106. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.538
Arianti, R., Akib, H., & Saleh, S. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray ( TSTS ) pada Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Pinrang The Use of Cooperative Learning Type Two Stay Two Stray ( TSTS ) in Office Administration Program at State Vocational S. Journal Office, 3(2), 97–106.
Ilhama, A. H. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Virtual Lab. Jurnal Pendidikan FISIKA, 09(02), 105–122. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pfisika
Kartiningsih, N. B. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Materi Peluang Usaha Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Tata Busana 2 Smk Negeri 1 Purwodadi Semester Ganjil Tahu. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 3(2), 176–188.
Lonita, F., & Simatupang, H. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Sma Negeri 13 Medan. Jurnal Biolokus , 3(1), 245–251.
Meisy Sella Maria, Nurmaningsih Nurmaningsih, & Rahman Haryadi. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Penyajian Data. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 40–49. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i1.160
Nahdi, D. S. (2017). _____________________ 1. 3(1).
Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Efektivitas Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Representasi Matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3751
Nurani, N. I. (2022). Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 94–101. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i2.24
Putra, S., Al, S., Dompu, A., Wawonduru, J., & 2a Dompu, N. (2022). Model Pembelajaran Inkuiri Dan Discovery Dalam Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(5), 1435–1446. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.1435-1446
Rahmadian, N., Mulyono, & Isnarto. (2019). Kemampuan Representasi Matematis dalam Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 287–292.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28940
Ratnawati, D., Handayani, I., & Hadi, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantu Question Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 44–51. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.7683
Rustam, A., & Sardin, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas Viii Smp. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1:), 9–16. https://doi.org/10.36456/buana_matematika.8.1:.1517.9-16
Saputri, S., Sabri, T., & Kartono. (2022). Analisis Keterampilan Guru Dalam Menggunakan. Pontianak: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Katulistiwa, 84–91.
Selan, M., Daniel, F., & Babys, U. (2020). Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pisa konten change and relationship. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 335–344. https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.6256
Sohilait, E. (2021). Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 3(1), 35–41. https://doi.org/10.38114/riemann.v3i1.108
Sundari, S., & Fauziati, E. (2021). Implikasi Teori Belajar Bruner dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 128–136. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1206
Suparmi, N. W. (2019). Hasil Belajar Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Inkuiri Bebas Dan Inkuiri Terbimbing. Journal of Education Technology, 2(4), 192. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16548
Syafri, F. S. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Dan Kemampuan Pembuktian Matematika. Jurnal Edumath, 3(1), 49–55. http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/edumath
Terbuka, P., & Diskusi, D. A. N. (2018). Pembelajaran Matematika Dengan Metode. 03(17), 137–148.
Zuhara, N. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Serta Adversity Quotient Siswa Smp Melalui Model Pembelajaran …. 4(2), 70–81. http://repository.upi.edu/id/eprint/30492
DOI: 10.15408/ajme.v6i1.40393
Refbacks
- There are currently no refbacks.