PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MEMFASILITASI LITERASI SPASIAL SISWA PADA MATERI DIMENSI TIGA
Abstract
Abstract
This research aims to develop modul based on Contextual Teaching and Learning to facilitate spatial literacy among students in SMA/MA in the topic of Three Dimensions which fulfills the criteria of validity, practicality, and effectiveness. The research method used in this study is Research and Development (R&D) with the ADDIE development model, which includes the stages of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. This research uses high school students from the twelfth grade of the Science program at one of the public high schools in South Tangerang City as the subjects of the study, totaling 34 students. Validation was carried out by 3 Mathematics Education lecturers as experts and 5 Mathematics teachers as practitioners. The results of the research indicate that (a) the teaching material is highly valid with a score of 0.905, (b) the teaching material is considered highly practical with a score of 0.872, and the student response questionnaire yielded a score of 0.846, and (c) the teaching material is effective in facilitating students' spatial literacy skills, as evidenced by 79.4% of students achieving scores above the Passing Grade, which is 78. In conclusion, Three-Dimensional teaching materials based on Contextual Teaching and Learning can facilitate spatial literacy among students in twelfth-grade at SMA/MA.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar modul berbasis Pembelajaran Kontekstual dalam memfasilitasi literasi spasial siswa SMA/MA pada materi Dimensi Tiga yang memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini menggunakan subjek uji coba yaitu siswa kelas XII IPA di salah satu SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan dengan total 34 siswa. Validasi dilakukan oleh 3 dosen Pendidikan Matematika sebagai ahli dan 5 guru bidang Matematika sebagai praktisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) bahan ajar tergolong sangat valid dengan nilai 0,905, (b) bahan ajar dinilai sangat praktis dengan nilai 0,872 dan hasil angket respons siswa memperoleh nilai 0,846, dan (c) bahan ajar efektif dalam memfasilitasi kemampuan literasi spasial siswa, dimana hasil tes menunjukkan sebanyak 79,4% siswa memenuhi nilai KKM yaitu 78. Sehingga dapat disimpulkan, bahan ajar Dimensi Tiga berbasis Pembelajaran Kontekstual dapat memfasilitasi literasi spasial siswa SMA/MA.
Keywords
References
Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Education and Development, 7(2), 103–112. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/883/395
Alperi, M. (2020). Peran Bahan Ajar Digital Sigil Dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 99–110. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.479
Anjarsari, M., Rochmiyati, R., & Distrik, I. W. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 466–478. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i3.347
Balitbang, K. (2017). Kajian Buku Teks dan Pengayaan: Kelengkapan dan Kelayakan Buku Teks Kurikulum 2013 Serta Kebijakan Penumbuhan Minat Baca Siswa. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Balitbang.
Bashooir, K., & Supahar, S. (2018). Validitas dan reliabilitas instrumen asesmen kinerja literasi sains pelajaran fisika berbasis STEM. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 219–230. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.19590
Bednarz, S. W., & Kemp, K. (2011). Understanding and nurturing spatial literacy. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 21, 18–23. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.07.004
Danuri, & Maisaroh, S. (2019). Metodologi penelitian (1st ed.). Samudra Biru.
Dikdasmen. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. In Depdiknas Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIKAN/194601291981012-PERMASIH/PENGEMBANGAN_BAHAN_AJAR.pdf
Hendriana, B., Nuriadin, I., & Rachmaeni, L. (2019). Pengaruh Model Brain-Based Learning Berbantuan CABRI 3D terhadap Kemampuan Spasial Matematis Siswa. THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 4(1), 18–28.
Jarvis, C. H. (2011). Spatial Literacy and The Postgraduate GIS Curriculum. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 21, 294–299. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.07.022
Johnson, E. B. (2002). Contextual Teaching and Learning: What it is and why it’s here to stay. Corwin Press.
Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 Kurikulum 2013 10a. PMP MTK-minat SMA, 737 (2014).
Lange, J. de. (2003). Mathematics for Literacy. Quantitative Literacy: Why Numeracy Matters for Schools and Colleges, February, 75–90.
Lange, J. de. (2006). Mathematical Literacy for Living From OECD-PISA Perspective. Tsukuba Journal of Educational Study in Mathematics, 25, 13–35. http://www.criced.tsukuba.ac.jp/math/apec2006/
Maryati, I. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Peningkatan Kemampuan Literasi Statistis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1454. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3779
Mas’udah, I. L., Sudirman, Susanto, H., & Rofiki, I. (2021). Fenomena literasi spasial siswa: Studi pada geometri ruang. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(2), 155–166. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/8333/6755
Moore-Russo, D., Viglietti, J. M., Chiu, M. M., & Bateman, S. M. (2013). Teachers’ Spatial Literacy as Visualization, Reasoning, and Communication. Teaching and Teacher Education, 29(1), 97–109. https://doi.org/10.1016/j.tate.2012.08.012
Nurutami, A., Riyadi, R., & Subanti, S. (2019). Student’s mathematical literacy ability on PISA’s space and shape task. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012060
OECD. (2018). PISA 2021 MATHEMATICS FRAMEWORK (SECOND DRAFT).
OECD. (2019). PISA 2018 Assesment and Analytical Framework. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/b25efab8-en
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning (PISA). OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
Permendikbud. (2018). Permendikbud RI Nomor 37 tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. In JDIH Kemendikbud. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Pranata, D. P., Frima, A., & Egok, A. S. (2021). Pengembangan LKS Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bangun Datar Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2284–2301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1183
Rafiqoh, S. (2020). Arah Kecenderungan dan Isu Dalam Pembelajaran Matematika Sesuai Pembelajaran Abad 21 Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(1), 58–73.
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian) (1st ed.). Parama Publishing. www.nuhamedika.gu.ma
Sari, G. V. F., Ariyanto, L., & Dwijayanti, I. (2020). Pengembangan LKS Kontekstual Pembelajaran Kooperatif Tipe Peer Tutoring untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 85–94. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5768
Yuherni, Y., Maimunah, M., & Yuanita, P. (2020). Bahan Ajar Matematika berbasis Kontekstual pada Materi Fungsi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1293. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.2976
DOI: 10.15408/ajme.v5i2.36116
Refbacks
- There are currently no refbacks.