MODEL PEMBELAJARAN KADIR (KONEKSI, APLIKASI, DISKURSUS, IMPROVISASI, REFLEKSI) BERBANTUAN PHET SIMULATION : DAMPAK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK

Yovi Oktavia, Kadir Kadir, Farida Farida, Siska Andriani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan dampak model pembelajaran KADIR berbantuan PhET Simulation terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian dilaksanakan di suatu SMA Negeri di Bandar Lampung. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan sampel 4 kelas X MIPA, melibatkan 144 peserta didik. Sampel ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes, dan dianalisis dengan ANOVA satu jalan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran KADIR berbantuan PhET Simulation (80,64) lebih tinggi daripada model Discovery Learning berbantuan PhET Simulation(63,33)  model KADIR (62,67) dan model Discovery Learning (58,78). Model pembelajaran KADIR berbantuan PhET Simulation berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik (F = 37,68; p-value = 0,000; n2 = 0,81). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan mengintegrasikan PhET Simulation pada model pembelajaran KADIR ternyata efektif atau berdampak terhadap peningkatan kemampuan berpikir  matematis peserta didik. Oleh karena itu disarankan untuk menggunakan model pembelajaran KADIR berbantuan PhET Simulation dengan lebih mengaktifkan siswa-guru pada tahap koneksi, aplikasi, diskursus, improvisasi, dan refleksi.


Keywords


KADIR, PhET Simulation, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Full Text: PDF

DOI: 10.15408/ajme.v5i1.27131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.