MODEL PEMBELAJARAN KADIR (KONEKSI, APLIKASI, DISKURSUS, IMPROVISASI, REFLEKSI) BERBANTUAN PHET SIMULATION: DAMPAK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK
Abstract
Abstract
The purpose of this study was to find the impact of KADIR learning model assisted by PhET Simulation on mathematical critical thinking skills. The research was conducted in a public high school in Bandar Lampung. This research is a quasi-experiment with a sample of 4 X MIPA classes, involving 144 students. The sample was determined using cluster random sampling technique. Data collection of mathematical critical thinking skills using tests, then analyzed with one-way ANOVA. The results revealed that the average mathematical critical thinking ability of students taught with the KADIR learning model assisted by PhET Simulation (80.64) was higher than the Discovery Learning model assisted by PhET Simulation (63.33) KADIR model (62.67) and Discovery Learning model (58.78). The KADIR learning model assisted by PhET Simulation has an effect on students' mathematical critical thinking skills (F = 37.68; p-value = 0.000; n2 = 0.81). The conclusion of this study is that integrating PhET Simulation in the KADIR learning model is effective or has an impact on improving students' mathematical thinking skills.
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan dampak model pembelajaran KADIR berbantuan PhET Simulation terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian dilaksanakan di suatu SMA Negeri di Bandar Lampung. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan sampel 4 kelas X MIPA, melibatkan 144 peserta didik. Sampel ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes, dan dianalisis dengan ANOVA satu jalan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran KADIR berbantuan PhET Simulation (80,64) lebih tinggi daripada model Discovery Learning berbantuan PhET Simulation (63,33) model KADIR (62,67) dan model Discovery Learning (58,78). Model pembelajaran KADIR berbantuan PhET Simulation berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik (F = 37,68; p-value = 0,000; n2 = 0,81). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan mengintegrasikan PhET Simulation pada model pembelajaran KADIR ternyata efektif atau berdampak terhadap peningkatan kemampuan berpikir matematis peserta didik.
Keywords
References
Kadir, K., & Fatma. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran KADIR (Koneksi, Aplikasi, Diskursus, Improvisasi, Refleksi) Untuk Meningkatkan Kemampuan Higher Order Mathematical Thinking). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46186
Kadir, K., Fatma, M., & Oktavianti, R. H. (2017). Development of KADIR Learning Model to Enhance Students’ Mathematical Problem Solving Skill. International Conference on Education in Muslim Society (ICEMS 2017), 110–116.
Khoirinnisa, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Model KADIR [B.S. thesis]. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Maulana, M. (2017). Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif. UPI Sumedang Press.
Nasional Council of Teachers of Mathematics. (1991). Principles and Standars for School Mathematics. NTCM.
Rani, P. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Levels Of Inquiry Menggunakan PhET Simulation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Fisika [PhD Thesis]. UIN Raden Intan Lampung.
Rasyidah, K., Supeno, S., & Maryani, M. (2018). Pengaruh Guided Inquiry Berbantuan Phet Simulations Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma Pada Pokok Bahasan Usaha Dan Energi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i2.7918
Ratnaningsih, S. (2016). Proceeding Seminar & Bedah Buku “Islam Dan Sains: Upaya Pengintegrasian Islam Dan Ilmu Pengetahuan Di Indonesia.” Bing.
Sabandar, J. (2010). Thinking Classroom dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah. Sekolah [PDF File]. Tersedia: Http://File. Upi. Edu/Direktori/FPMIPA/JUR. _PEND. _MATEMATIKA
Satrio, W. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran KADIR (Koneksi, Aplikasi, Diskursus, Improvisasi, dan Refleksi) terhadap Kemampuan berpikir Komputasional Matematis Siswa [B.S. thesis]. FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Sousa, D. A. (2012). Bagaimana otak belajar. Jakarta: Indeks.
Sumarmo, U. (2013). Berpikir dan Disposisi matematik serta Pembelajarannya. Bandung: UPI.
DOI: 10.15408/ajme.v5i1.27131
Refbacks
- There are currently no refbacks.