Promosi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam
Abstract
Tulisan ini membahas mengenai promosi perpustakaan dalam kajian Islam, pelaksanaannya di perpustakaan perguruan tinggi Islam dan hambatannya, serta peran pustakawan sebagai agen promosi. Lokus dibatasi pada Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan UIN Antasari Banjarmasin. Dengan metode kualitatif yang bersifat deskripstif, riset dilakukan melalui observasi dan wawancara kepada pimpinan dan pustakawan yang bertugas dalam kegiatan tersebut. Dari hasil riset diketahui bahwa promosi di kedua lokus tersebut belum dilakukan secara optimal. Beberapa bentuk yang telah dilakukan memiliki kesamaan yakni berupa program sosialisasi perpustakaan dan literasi informasi, promosi melalui media cetak dan media sosial khususnya instagram, youtube, dan website, melakukan desain tata ruang, dan menjadikan semua pustakawan/ staf perpustakaan sebagai agen promosi. Promosi perpustakaan merupakan implementasi nilai-nilai Islam dalam membudayakan literasi, khususnya literasi informasi, dengan didasari prinsip shiddiq, tabligh, amanah dan fathanah. Diharapkan perpustakaan perguruan tinggi Islam terus mengembangkan program promosi menjadi lebih terstruktur dan sistematis sehingga tujuan promosi dapat dicapai dengan lebih maksimal.
.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15408/almaktabah.v22i2.40658 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Â