Analisis Peningkatan Kompetensi Pustakawan Dalam Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris: Tantangan dan Strategi Pengembangan

Septian Nurhakim, Priyo Supriyadi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa kompeten Bahasa asing yang dimiliki Pustakawan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan bagaimana cara meningkatkan kompetensi Bahasa asing bagi Pustakawa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pendekatan ini akan memungkinkan peneliti untuk memahami secara mendalam kompetensi bahasa Inggris pustakawan dalam konteks pekerjaan mereka, serta faktor-faktor yang memengaruhi kompetensi tersebut. Peningkatan kompetensi pustakawan dalam berkomunikasi dalam Bahasa Inggris adalah tantangan yang dapat diatasi melalui strategi yang tepat. Pelatihan, penggunaan teknologi, praktek berbicara, dan kolaborasi adalah beberapa strategi yang dapat membantu pustakawan mengatasi tantangan ini. Salah satu produk yang peneliti buat pada penelitian sebelumnya adalah dengan membuat Kamus saku Bahasa Indonesia, Inggris dan Arab. Produk penelitian ini akan dievaluasi kembali pada penelitian selanjutnya. Berdasarkan hasil penelitian bahwa saat ini kemampuan Bahasa Inggris Pustakawan di Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta masih kurang baik. Oleh karena itu peneliti membuat analisa kendala apa saja yang dihadapi oleh Pustakawan-Pusatakawan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Adapun kendala tersebut adalah: Keterbatasan Kemampuan Bahasa Inggris, Kurangnya Kepercayaan Diri dan Kurangnya Praktek Adapun strategi yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan atau kompetensi Bahasa Inggris Pustakawan adalah dengan strategi sebagai berikut: Pelatihan Bahasa Inggris, Penggunaan Teknologi, Praktek Berbicara dan Kolaborasi dengan Pustakawan Berbahasa Inggris.


Keywords


kompetensi pustakawan; komunikasi bahasa inggris; tantangan dan strategi pengembangan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15408/almaktabah.v22i2.40657 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Â