Persepsi Mahasiswa Terdahap Kualitas Layanan Referensi Virtual Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya di Era Covid-19
Abstract
Universitas Airlangga merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi negeri yang bergerak di bidang jasa pelayanan pendidikan. Perpustakaan Universitas Airlangga menerapkan layanan Referensi Virtual untuk memenuhi kebutuhan intelektual para penggunanya. Dalam mengetahui bagaimana persepsi perlu dilakukan pengukuran kualitas menggunakan metode e-Servqual berdasarkan lima dimensi yang ada pada e-Servqual makalah ini untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa Universitas Airlangga pada layanan referensi virtual yang diberikan oleh Perpustakaan Universitas Airlangga selama pandemi covid-19. Makalah ini menggunakan metode penelitian kuantatif dan metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuisioner servqual menggunakan google form. Hasil menunjukkan rata rata nilai yang diperoleh dari kuisioner servqual yang dibagikan meliputi Tangible(Bukti Fisik), Reliability(Keandalan), Responsiveness(Daya Tanggap), Assurance(Jaminan), dan Empathy(Empati) dalam layanan referensi virtual yang diberikan Perpustakaan Universitas Airlangga, persepsi mahasiswa sebagai pengguna layanan selama masa pandemi covid memasuki range “Baik”. Dengan memberikan bukti persepsi mahasiwa sebagai pengguna layanan referensi virtual selama pandemi COVID-19, penelitian ini membantu memenuhi sedikit perhatian empiris yang diberikan terhadap dampak krisis kebutuhan informasi civitas akademika dan sebagai data baru tentang layanan perpustakaan untuk meningkatkan dampak, efisiensi, dan nilai layanan.
Keywords
persespi; layanan referensi virtual; pandemi; covid-19; perpustakaan pergurusn tinggi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15408/almaktabah.v22i2.40653 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Â