Pengembangan Repository Institusi dalam Perspektif Pemustaka
Abstract
Setiap institusi pendidikan selayaknya memiliki repository yang handal dan berkualitas, sebuah repository perlu dikaji secara ilmiah dan mendalam. Hasil simpan dari semua karya yang dimiliki perguruan tinggi belum secara optimal dapat melayani kepentingan seluruh sivitas akademikanya dengan baik. Hal inilah yang mestinya mendapat jawaban dari berbagai persoalan berkenaan dengan repository agar dapat memberikan layanan bagi masyarakat ilmiah. Sebagus dan sebaik apapun sebuah perpustakaan, jika koleksi yang ada di dalamnya tidak dimanfaatkan oleh pemustaka tentu tidak berarti sama sekali. Secara nyata, yang merasakan manfaat repository perguruan tinggi adalah pemustaka. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pemanfaatan repository institusi antara UIN Raden Mas Said Surakarta dan Universitas Brawijaya Malang, keunggulan dan kelemahan masing-masing repository dari dua institusi perguruan tinggi, dan pengembangannya ke depan dalam perspektif pemustaka masing-masing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari variabel pemanfaatan repository institusi oleh pemustaka di UIN Raden Mas Said Surakarta dan Universitas Brawijaya dapat dinyatakan bahwa repository Institusi telah dimanfaatkan oleh pemustaka. Dari Variabel Keunggulan dan Kelemahan repository institusi oleh pemustaka di UIN Raden Mas Said Surakarta dan Universitas Brawijaya dapat dinyatakan bahwa repository institusi memiliki keunggulan. Dari Variabel Deskripsi Pengembangan repository institusi oleh pemustaka di UIN Raden Mas Said Surakarta dan Universitas Brawijaya dapat dinyatakan bahwa repository institusi memiliki deskripsi pengembangan.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15408/almaktabah.v22i1.38847 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Â