Perilaku Pencarian Informasi Remaja Wanita Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Skincare Melalui Media Sosial Twitter

Ulpah Andayani, Adiesty Mutiara, Arini Arini, Khoirani Inayah, Riska Rafinia, Muhammad Faikar, Nur Nur

Abstract


Seiring berkembangnya zaman, informasi semakin mudah ditemukan. Sosial media sebagai contoh alat untuk menemukan informasi, dari aplikasi Twitter, Instagram, Pinterest, dan lainnya. Kemudahan mencari informasi mengenai skincare melalui media sosial Twitter yang dibarengi dengan perilaku seseorang yang gemar berbagi informasi mengenai skincare melalui review atau tweet memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan informasi skincare bagi orang-orang yang mengakses Twitter karena sifatnya yang fleksibel yaitu dapat diakses dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena peneliti ingin menjelaskan bagaimana pola perilaku pencarian informasi yang dilakukan oleh para pengguna skincare dalam memanfaatkan twitter untuk mencari informasi skincare. Metode pengambilan data yang akan digunakan adalah wawancara dan studi literatur. Informasi-informasi utama yang dicari oleh para remaja wanita mengenai skin care adalah produk skincare, jenis dan fungsinya, bahan dan kandungan skincare serta efek dari penggunaan skincare. Berdasarkan penelitian yang sudah dilaksanakan perilaku pencarian informasi yang dapat ditemukan pada remaja wanita adalah perhatian pasif, pencarian pasif, pencarian aktif dan pencarian berlanjut.

Keywords


pencarian informasi; skincare; remaja wanita; twitter



DOI: https://doi.org/10.15408/almaktabah.v21i1.30790 Abstract - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Â