Peran Perpustakaan Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang
Abstract
Literasi informasi maksudnya kelancaran menelusur informasi dan penguasaan teknologi informasi dalam menelusur informasi sesuai kebutuhan, hal ini sangat penting untuk keberhasilan pendidikan tinggi dan belajar seumur hidup. Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang perlu dikenalkan dan selanjutnya ditekankan punya keahlian literasi informasi sejak dini, terutama terhadap penelusuran sumber kajian Islam. Tujuan literasi informasi ini agar mahasiswa mampu menafsirkan informasi sebagai pengguna informasi dan menjadi penghasil informasi bagi dirinya sendiri. Penelitian ini memakai metode kombinasi (mixed methods), yaitu menggabungkan antara metode kuantitatif dan metode kualitatif untuk digunakan secara bersama-sama sehingga diperoleh data yang lebih komprehensif, valid, reliabel dan objektif. Analisis deksriptif dari beberapa indikator adalah menunjukkan secara umum bahwa pentingnya peningkatan literasi informasi melalui kegiatan layanan pendidikan pemakai di Perpustakaan UIN IB Padang Dari penelitian disimpulkan bahwa mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang masih kebingungan dalam menelusur informasi, terutama yang berbahasa Arab, walau kegiatan literasi informasi sudah dicanangkan oleh UPT Perpustakaan pada dosen, mahasiswa dan pustakawan. Untuk mencapai hasil yang maksimal dibutuhkan dukungan dan perhatian yang serius dari pimpinan, dosen dan bagian-bagian terkait, baik sektor peralatan, keuangan, koleksi yang digunakan bahkan fasilitas tenaga yang profesional serta waktu yang cukup.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15408/almaktabah.v21i1.30757 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Â