Dari Literasi ke Transliterasi: Gagasan Tentang Konsep Literasi Untuk Komunikasi Ilmiah di Perguruan Tinggi

Agus Rifai

Abstract


Perkembangan teknologi untuk komunikasi ilmiah, terutama di lingkungan perguruan tinggi menuntut perubahan konsep literasi. Literasi informasi yang diyakini memberikan pondasi bagi seseorang dalam kegiatan pengembangan keilmuan, menuntut kecakapan lain akibat perubahan lingkungan komunikasi keilmuan. Lingkungan teknologi digital telah menuntut para akademisi dan peneliti kampus tidak saja menguasai kecakapan literasi informasi, akan tetapi juga kecakapan lain, terutama kecakapan digital dan kecakapan data. Karena berbagai keterbatasan dan untuk menjamin kelancaran kegiatan komunikasi ilmiah, diperlukan kolaborasi strategis antara akademisi dan peneliti dengan perpustakaan akademik.

Keywords


literasi; transliterasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15408/almaktabah.v19i2.24152 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Â