Pengembangan Chatbot Telegram di Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang
Abstract
Mengingat pentingnya koleksi untuk mendukung kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka sangat ditekankan sekali kelancaran transaksi peminjaman dan pengembalian pada bagian sirkulasi. Kelancaran tersebut ditujukan agar pergantian penggunaan koleksi bisa berjalan dengan baik tanpa terkendala dikarenakan adanya keterlambatan pengembalian koleksi. Pada triwulan pertama 2019 di UPT Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang terdapat 40.65844% keterlambatan dari 1215 peminjaman yang sedang berlangsung dengan jumlah anggota aktif sebanyak 22.013. Tingginya angka keterlambatan disebabkan oleh belum tersedianya sistem pengecekan dan peringatan dini serta kelalaian pemustaka karena mereka sering lupa kapan harus mengembalikan koleksi yang sedang dipinjam. Untuk itu diperlukan sebuah sistem berupa chatbot telegram yang bisa diakses oleh pemustaka untuk mengetahui jumlah pinjaman, jatuh tempo dan jumlah denda jika ada. Chatbot merupakan asisten yang berkomunikasi dengan pemustaka melalui pesan teks, pendamping virtual yang terintegrasi ke dalam situs web, aplikasi atau pesan instan dan membantu perpustakaan untuk lebih dekat dengan pemustaka. Hasil pengembangan ini memperlihatkan bahwa ChatBot Telegrammampu mengurangi angka keterlambatan, hal tersebut dikarenakan pemustaka dapat melihat kapan saja dan dimana saja mengenai jumlah pinjaman, jatuh tempo dan jumlah denda jika ada. Temuan ini juga memperlihatkan bahwa ChatBot Telegram sangat mungkin untuk diadopsi oleh perguruan tinggi lainnya dengan permasalahan serupa
Keywords
Perpustakaan; chatBot; uin imam bonjol padang, telegram; sirkulasi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15408/almaktabah.v18i1.16843 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Â