Filsafat Hukum Aliran Studi Hukum Kritis (Critical Legal Studies); Konsep dan Aktualisasinya Dalam Hukum Indonesia

Indra Rahmatullah

Abstract


Critical Legal Studies (CLS) merupakan salah satu alternatif pemikiran dalam filsafat hukum yang dapat memberikan pandangan berbeda terhadap hukum. Ciri khas dari pemikiran ini adalah tidak menjadikan hukum yang dibuat oleh negara diterima taken for granted begitu saja sebelum adanya proses perjuangan nalar kritis terhadap subtansi hukumnya. Ada situasi ketidakpercayaan dan kekhawatiran bahwa hukum yang dibuat negara tidak bisa mendatangkan keadilan karena prosesnya yang melalui pergulatan tarik menarik kepentingan politik kekuasaan dan ekonomi sehingga menyebabkan produk hukumnya rentan akan tabir ketidaksempurnaan. Netralitas, dan imparsialitas merupakan katakunci yang menjadi indikator untuk mempurifikasi hukum tersebut. Oleh karena itu, CLS berupaya untuk selalu membuka selubung relasi kekuasaan dan relasi ekonomi yang selalu mengintervensi hukum dengan perjuangan dan logikanya sendiri.

 


Keywords


Critical Legal Studies; Nalar Kritis dan Purifikasi

Full Text:

PDF

References


Atmadja, I Dewa Gede. Filsafat Hukum: Dimensi Tematis dan Historis. Malang: Setara Press, 2013.

-----------. Filsafat Hukum: Dimensi Tematis dan Historis. Malang: Setara Press, 2013.

Dardono, Donny. “Critical Legal Studies: Posisi Teori dan Kritik”. Kisi Hukum Majalah Ilmiah Hukum. Vol.14 No.1, 2015.

Juwana, Hikmahanto. “Hukum Internasional Dalam Konflik Kepentingan Ekonomi Negara Berkembang dan Negara Maju”. Pidato Upacara Pengukuhan Guru Besar Tetap Dalam Ilmu Hukum Internasional Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 10 Nopember 2021.

Kasim, Ifdhal. Gerakan Studi Hukum Kritis. Jakarta: ELSAM, 1999.

Simarmata, Rikardo. “Pendidikan Hukum Kritis: Asal-usul, Faham, Prinsip Baru dan Metode-Sebuah Penjelasan Awal”. Jentera: Jurnal Hukum, Edisi Khusus, 2003.

Tahir, Masnun. “Studi Hukum Kritis dalam Kajian Hukum Islam”. Jurnal Hukum Silam. Vol. 13 No. 2, Desember 2014.




DOI: https://doi.org/10.15408/adalah.v5i3.21393 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.